oleh

Jadi Irup Peringatan HAB ke-73, Ini Pesan Bupati Konsel

Reporter : Erlin
Editor : Def

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Surunuddin Dangga, ST, MM., menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-73, bertempat di pelataran halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Konsel, Kamis (3/1/2019).

Peringatan HAB Tahun 2019 ini mengangkat Tema “Jaga Kebersamaan Umat”, turut dihadiri Kepala Kanwil Kemenang Konsel, Adnan Saufi,S.Pd, Kasatbinmas Polres Iptu Marjuni, perwakilan Kejari, Aguslan, SH, Ketua PCNU Ustadz Wildan serta para pemimpin pondok pesantren se-Konsel.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, dalam sambutannya mengatakan peringatan hari bersejarah ini dilaksanakan dalam kesederhanaan, keprihatinan dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana tsunami dan tanah longsor di beberapa wilayah, sebagai bentuk satu kesatuan dalam derita dan bahagia.

“Dimana peringatan HAB ini membawa pesan kepada kita semua untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ketuhanan dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa. Masalah agama sangat peka dan dapat menimbulkan persoalan rumit jika tidak di tangani dengan hati-hati,” katanya

Olehnya, Kemenag menyadari pentingnya kematangan cara berfikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan.

Seiring dengan itu, dirinya mengajak semua pihak untuk senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja keras kemenag, yakni, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan dalam menjaga toleransi dan kerukunan beragama, serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa.

“Mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) saya berterima kasih kepada jajaran kemenag atas sumbangsih dan kontribusinya selama ini dalam upaya membangun birokrasi modern, bersih melayani umat, yang seyogyanya juga perilaku kita sebagai pejabat dan aparatur negara mencerminkan kemuliaan agama yang kata dan perbuatan sejalan, antara kesalehan personal dan sosial yang saling melengkapi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, usai Upacara, Bupati melakukan penyematan penghargaan tanda kehormatan satya lencana karya satya kepada 18 ASN lingkup Kantor Kemenag Konsel berdasarkan Kepres RI, Joko Widodo, No 122/TK/Tahun 2019, atas kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945 Negara dan Pemerintah, yang bekerja dengan penuh pengabdian, kecakapan, kejujuran dan disiplin paling singkat 10 Tahun, 20 dan 30 Tahun, dan salah satu penerimanya adalah Kakanwil Kemenag Konsel, Adnan Saufi. (B)


Terkini