oleh

Jaga Kesehatan Pemudik, Dinkes Bombana Bakal Buka Posko Pelayan di Lima Titik

Reporter : Hasrun

Editor : Kang Upi

RUMBIA – Mendukung kenyamanan saat mudik lebaran tahun 2019, Dinas Kesehatan (Diknes) Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyiagakan perawat dan tenaga kesehatan lainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Para tenaga kesehatan tersebut nantinya akan disebar di Posko Layanan Kesehatan yang akan berada di lima titik jalu mudik di wilayah Bombana.

Posko yang rencananya mulai dibuka 28 Mei 2019, berada di titik pertama Tugu Brimob Kasipute, kedua berada di Toburi, ketiga di Boepinang di sekitar Lapangan Merdeka, keempat di Sikeli dan kelima di Dongggala.

Kepala Dinkes Bombana dr. Sunandar menuturkan, meski belum ada penggilan rapat dari Polres Bombana terkait pelayanan kesehatan saat mudik lebaran, namun pihaknya bernisiatif untuk memberikan layanan kesehatan bagi pemudik dengan membuka Posko Kesehatan.

“Jadi pada dasarnya, kami siap untuk memberikan layanan kesehatan saat mudik lebaran nanti,” terang dr Sunandar, Rabu (22/5/2019).

Dijelaskan Sunandar, untuk jumlah personil tenaga kesehatan yang disiagakan ditiap Posko Kesehatan untuk melayani pemudik, akan di tentukan tiap Kepala PKM sebagai penanggung jawab.

“Dalam satu hari ada dua sift, satu sift itu dua orang jumlah personil PKM, tentu itu akan diatur oleh Kepala PKM masing -masing wilayah. Biasanya satu posko itu terdiri dari delapan porsenil,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengantisiapasi meningkatnya jumlah rujukan saat mudik lebaran tiba, Ia juga menyampaikan kepada Kepala Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Bombana agar selalu siap melayani.

“Instalasi Gawat Darurat (IGD) harus siap menerima rujukan dari PKM dan juga dari posko Mudik Lebaran selama 24 jam,” pungkasnya. (A)

Terkini