oleh

Jaga Stok Darah, Kapolda Sultra Ajak Personilnya Donor

Reporter: Muh. Ardiansyah R / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam mengajak serta ratusan personilnya mengikuti donor darah, Rabu 15 April 2020, tujuannya ikut menjaga stok atau kebutuhan darah, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kata Merdisyam, donor darah dilakukan serentak jajaran Polda Sultra sesuai arahan Kapolri, sebagai bentuk sumbangsih Polri.

“Karena kita tahu kebutahan darah saat ini disituasi Covid-19, stok darah saat ini yang masih dibutuhkan,” ucapnya saat ditemui di Aula Polda Sultra, Rabu, 15 April 2020.

Proses donor darah kata dia, tetap mengutamakan prosedur agar para pendonor tetap dijaga kesehatannya sesuai prosedur Covid-19.

“Jadi dijamin seluruh pendonor ini dicek kesehatannya dan kita akan melakukan terus menerus sampai tingkat Polres juga, yang akan dilibatkan stekholder yang ada,” jelasnya.

Menurutnya, memasuki Ramadan stok darah dipastikan harus mencukupi untuk memenuhi kebutuhan darah yang diperlukan masyarakat, khususnya di Kota Kendari.

“Sejauh ini, pasien yang membutuhkan kantong darah dipastikan meningkat signifikan, itu kebutuhan penting secara keseluruhan apa lagi akan menghadapi bulan puasa,” ungkap Kapolda.

Di tempat yang sama, Perwakilan RS PMII, dr Liya Sari mengatakan kurang lebih 120 kantong didapat dan akan ada penambahan. Polda katanya, membantu unit tranfusi darah agar kebutuhan darah disaat wabah Covid-19 ini dapat tercukupi.

“Ini untuk satu bulan kedepan stok darah, aman, untuk di PMI,” jelas Liya.

Terkini