oleh

Jam 11 Siang Tadi, Gempa Tektonik Melanda di Barat laut Lasusua Kolaka Utara

-FEATURED, PERISTIWA-96 dibaca

MEDIAKENDARI.COM, KENDARI – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Barat Laut Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada hari Sabtu, (20/5/2017) Pukul 11:11:26 WITA dengan kekuatan M=4.1 dengan episenter pada koordinat 3.45 Lintas Selatan – 120.77 Bujur Timur sekitar 36.7 Kilo Meter Barat laut Lasusua – Sultra, dengan kedalaman 20 kilo meter. Informasi ini, disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika dan Meterologi (BMKG) Kendari, Rosa Amelia S.Si kepada Media Kendari.Com, baru baru ini di Kendari.

Menurutnya, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 11:11: 26 WITA dengan kekuatan M=4.1 dengan episenter pada koordinat 3.45 Lintas Selatan – 120.77 Bujur Timur sekitar 36.7 Kilo Meter Barat Laut Lasusua – Sultra, pada kedalaman 20 Kilo Meter.

Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan di Lasusua dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (III-IV MMI) . Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

“Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ujar Rosa.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Barat Laut Lasusua ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 14:20 Wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.”terang dia.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa ini, merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka yang melalui Barat Laut Lasusua. (MT/Run)

Terkini