oleh

Jelang Idul Adha, Stok Daging di Konawe Aman

Reporter : Hasmar Tombili/Editor: Indi La’awu

UNAAHA – Jelang lebaran Idul Adha, stok daging sapi di Konawe terbilang aman.

Dengan asumsi kesiapan hewan ternak sapi di Konawe mencapai angka 2500 ekor, sedangkan kebutuhan hewan ternak jelang idul adha hanya mencapai angka di 400 – 600 ekor.

Pramuka

Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Jumrin, S.Pt, mengatakan bahkan ada beberapa pengumpul yang telah memiliki ikatan kerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan memiliki hewan ternak ratusan ekor.

“Malahan ada beberapa pengumpul yang sudah buat MOU memiliki stok ratusan ekor,”jelas Jumrin saat ditemui di kantornya, Selasa 09 Juni 2020.

Ditambahkan untuk saat ini instansi yang dipimpinnya tidak lagi menggunakan metode pengawasan melainkan dengan cara metode pengamanan.

“Pokoknya setiap hari itu tanpa pengawasan tapi pengamanan ternak, karena petugas kami di lapangan ada terus, tidak seperti dulu, sekarang petugas ada terus di lapangan,” ujarnya.

Jumrin juga menuturkan mengingat kondisi keuangan Pemda Konawe yang agak terbatas, harapnya pemerintah agar memperhatikan kebutuhan operasional petugas lapangan, dan juga kebutuhan obat obatan untuk vaksinasi terhadap hewan ternak.

“Kita tidak mau nanti ada kejadian baru ditangani, kalau kita ambil tindakan itu sudah kerugian , apalagi kegiatan ini berhubungan dengan ketersedian pangan,” jelasnya.

Terkait permasalahan kebutuhan operasional petugas lapangan dan juga vaksinasi hewan kadis peternakan dan kesehatan hewan sudah laporkan ke atasan

“Saya sudah laporkan ke pak Bupati, Wakil Bupati dan juga Sekda Konawe,” tutupnya.

Untuk pengumpul hewan ternak terbanyak di kabupaten berada di Kecamatan Pondidaha, Amonggedo, Tongauna dan Uepai. (B)

Terkini