Jelang Musim Hujan, Masyarakat Kolaka Diminta Waspada Banjir dan Longsor

Redaksii

KENDARI – Menjelang datangnya musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Kolaka telah memetakan wilayah rawan bencana baik banjir maupun longsor dan menyiagakan instansi teknis untuk pencegahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka, Poitu Murtopo menjelaskan, berdasarkan pemetaaan yang dilakukan pihaknya, untuk wilayah potensi longsor yakni sepanjang jalan rute Kolaka Kendari serta di utara Wolo.

“Untuk bencana banjir, wilayah yang dianggap berpotensi itu di Kecamatan Wolo bagian utara dan selatan, itu prediksi kita, berdasarkan pengalaman yang selalu terjadi di wilayah tersebut pada bulan dua dan tiga,” kata Poitu.

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, sejumlah instansi teknis di Pemda Kolaka telah diperintahkan untuk bersiaga serta untuk mengambil tindakan pencegahan bencana menjelang datangnya musim hujan.

“Kita juga sudah menyampaikan kepada camat, lurah, RT dan RW untuk menyikapi ini, guna bersiap kemungkinan terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem,” ungkap Poitu.

Ia juga menghimbau seluruh masyarakat untuk lebih waspada guna menyikapi cuaca ekstrim dan potensi bencana yang menyertainya, dengan cara menghindari tempat yang dianggap berbahaya.

“Jadi hindari tempat yang bisa membahayakan, akibat terdampak cuaca ekstrim, itu untuk sementara, misalnya tempat yang berpotensi longsor itu harus waspada dan berhati-hati,” tutupnya.