Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Sembako Baubau Aman

BAUBAU – Masyarakat Kota Baubau nampaknya tidak perlu risau dengan harga kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) menjelang Natal dan Tahun Baru nantinya.

Pasalnya, Perum Sub Divre Bulog Kota Baubau menjamin tersedianya bahan pokok yang cukup bagi masyarakat Kota Baubau.

Kepala Perum Sub Divre Bulog Kota Baubau, La Rahibun menuturkan, stok Sembako berada dalam kategori cukup hingga April tahun 2018.

“Barang-barang yang disiapkan oleh Bulog meliputi komoditi gula, beras dan bawang putih yang telah ada di gudang penyimpanan Bulog, karena kami sudah antisipasi,” ucap Rahibun diruang kerjanya, Kamis (23/11).

Dia mengatakan saat ini yang belum ada hanyalah bawang merah dan minyak goreng.

“Kebutuhan-kebutuhan mendesak oleh masyarkat itu yang kami siapkan,” terangnya.

Rahibun menerangkan, harga bawang putih yang disiapkan seharga Rp 17 ribu per kilo dengan stok persediaan sebanyak 26 ton sementara gula pasir berjumlah sebanyak 300 ton dan beras berjumlah 1700 ton.

“Harga barang menurun itu bisa saja terjadi tetapi kalau harga naik itu tidak mungkin karena jika ditemukan maka akan kami lakukan operasi pasar,” tandasnya.

Fortune

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemerintah kota Baubau, Laode Ali Hasan mengungkapkan hal senada.

Ia mengatakan Stok dan kondisi harga barang tidak akan ada perubahan harga sama sekali.

“Bahkan di gudang penyimpanan kami masih banyak sehingga untuk persiapan Natal dan Tahun Baru, masyarakat tidak perlu khawatir,” ucap Ali Hasan ditemui di kantor Walikota Baubau, Kamis (23/11).

Selain itu, lanjut Ali Hasan, yang perlu dikhawatirkan adalah bagaimana agar distribusi barang ke Baubau tetap lancar dan dapat mengendalikan harga pasar.

“Harga barang tidak ada yang mengalami kenaikan dan berada dalam kondisi signifikan misalnya harga beras, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih tetap stabil,” jelasnya.

Ali Hasan meyakinkan, sembako untuk kebutuhan masyarakat kota Baubau hingga Natal dan Tahun Baru akan tercukupi.

“Meskipun berada dalam kategori cukup, tetap kami antisipasi dan rencana dalam waktu dekat kami akan rapat untuk membentuk tim agar memastikan kebutuhan pokok masyarakat tercukupi,” pungkasnya.

Reporter: Ardilan
Editor: Kardin