FEATURED

Jemaah Haji Wakatobi Akan Dipulangkan Menggunakan Kapal Laut

455
×

Jemaah Haji Wakatobi Akan Dipulangkan Menggunakan Kapal Laut

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Penggelola haji dari Kabupaten Wakatobi bakal diprotes. Pasalnya, beredar informasi pemulangan jamaah haji asal Wakatobi yang akan tiba di Kendari pada (25/9/2017). Dari Kendari, kemudian sebanyak 113 jemaah haji tersebut akan dipulangkan menggunakan kapal Laut.

Protes keluarga Jemaah Haji asal Wakatobi atas pemulangan jamaah menggunakan kapal laut, datangnya dari salah satu keluarga Jemaah Haji, Ikbal.

Ikbal kepada mediakendari.com mengatakan, jika penyelenggara haji Kabupaten Wakatobi benar akan memulangkan jamaah haji tersebut mengunakan kapal laut, maka palayanan jamaah haji untuk tahun ini (2017) mengalami penurunan. Sebabnya, berdasarkan pengamatan, pemulangan para jamaah haji pada tahun- tahun sebelumnya, selalu dipulangkan menggunakan pesawat.

Ikbal, Keluarga jamaah haji asal Runduma, Wakatobi

“Kami menyarankan kepada pihak pengelola haji Wakatobi agar jemaah haji yang akan dipulangkan ke Wakatobi untuk tahun ini difasilitasi melalui pesawat juga,” ungkap Ikbal (keluarga Jemaah Haji asal Runduma) Jumat, (1/09).

Ikbal juga mengatakan bahwa keberangkatan dari pelabuhan Kendari Ke Wakatobi memakan waktu yang lama.

“Jarak tempuh dari Kendari ke Wakatobi sekitar 10 jam. Belum lagi dengan kondisi cuaca sekarang tentunya keluarga saya akan berhadapan dengan ombak,” protes Ikbal.

[Baca juga : Selama Kabupaten Wakatobi Memiliki Bandara, Baru Tahun Ini Pemulangan Jemaah Haji Menggunakan Kapal Laut]

Menurut Ikbal, atas kejadian ini, sangat berbeda dengan keberangkatan jamaah haji sebelumnya dari Wakatobi melalui pesawat langsung ke emberkasi Makassar.

“Kalau perginya menggunakan pesawat, maka pulangnya juga harus melalui fasilitas pesawat. Masa menggunakan kapal laut, jika benar nantinya akan menggunakan kapal laut dari Kendari ke Wakatobi maka hal ini sudah tidak benar lagi,” tantang Ikbal.

Dikonfirmasi Kepala Seksi (Kasi) Sistim Informasi Haji Sultra, Hasbi Abdul Muin, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, pemulangan jamaah haji dari asal Kendari tujuan Kabupaten Wakatobi nanti menggunakan kapal laut itu sifatnya gratis (tidak dipungut biaya). Kejadian itu nantinya, merupakan hadiah langsung dari Bupati Wakatobi untuk para jamaah haji asal Wakatobi.

“Iya betul, keberangkatan haji dari Kendari ke Wakatobi itu melalui kapal gratis. Hal itu juga merupakan hadiah dari Bupati Wakatobi,” ungkapnya ke Media Kendari via WA, (01/09).

Liputan : Hendriansyah

You cannot copy content of this page