oleh

Jembatan Penghubung Ronta-Ereke Butur Kondisinya Memprihatikan

BURANGA – Para pengguna Jalan di Poros Ronta-Ereka, Kabupaten Buton Utara (Butur) harus berhati-hati, utamanya saat melintasi jembatan penghubung yang berada di Desa La Uki, Kecamatan Kulisusu Barat (Kulbar), karena kondisi jembatan tersebut sangat memprihatikan. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jembatan yang ambruk itu, warga setempat kerap mengeluarkan himbauan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas, namun sebagian pengguna jalan kerap mengabaikan saran dari warga.

Seperti insiden yang terjadi pada Rabu (10/10/2018) lalu, sebuah Truck berwarna hijau terbalik saat melintasi jembatan yang sudah lapuk itu. Padahal sebelumnya, warga sudah memperingatkan kepada sopir untuk berhati-hati. La Ade salah satu warga di Desa La Uki yang menyaksikan kecelakaan tersebut mengungkapkan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 wita. Terjadinya kecelakaan itu, karena sopir tetap memaksakan mobilnya untuk melintas itu.

“Tapi tiba-tiba mobil tersebut terperosok ke bawah jembatan, dikarenakan jembatan tersebut ambruk,” terangnya.

Kata dia, padahal sebelumnya sudah menyarankan setiap mobil yang melintas agar berhati-hati melintasi jembatan tersebut, namun sopir dari mobil itu tidak mengindahkan seruan warga, dan malah melintas di jembatan itu dengan beban mobil dengan berat 15 ton sedangkan jembatan hanya mempunyai kapasitas 10 ton saja. “Karena jembatan tersebut sudah lapuk kayunya, sehingga mobil dengan muatan diatas 10 ton kami selalu sarankan untuk berhati-hati, atau disarankan mencari jalur lainnya,” katanya

Usai terjadinya kecelakaan itu, Sopir mobil Truck itu meminta maaf kepada warga dan menyatakan dirinya tidak menduga kecelakaan tersebut akan terjadi. Dengan alasan, beberapa hari lalu dirinya melalui jembatan itu terjadi apa-apa.

“Kemudian, karena ini mutlak kesalahan saya sendiri, maka saya akan bertanggung jawab apapun itu yang dikatakan masyarakat saya terima konsekuensinya sebab akses jalan mereka terputus,” terang sopir truck tanpa menyebutkan identitasnya. (b)


Reporter: Safrudin Darma


Terkini