KONAWEPELUANG BISNISSULTRA

Kabupaten Konawe Kembangkan Teknik Budikdamber

1023
×

Kabupaten Konawe Kembangkan Teknik Budikdamber

Sebarkan artikel ini
Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat membuka Launching Budikdamber. Ist

Redaksi

UNAAHA – Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara mulai mengembangkan teknik Budidaya ikan dalam ember atau disingkat Budikdamber. Cara itu dianggap simpel, efektif dan efesien.

“Tidak harus mencetak kolam dengan biaya besar, mudah dibuat,” kata Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat membuka lounching Budikdamber, Rabu (18/12/2019).

Manfaat lain dari budikdamber kata Gusli, tak butuh lahan luas, terpenuhinya konsumsi gizi protein masyarakat, termasuk adanya peningkatan ekonomi, khususnya masyarakat miskin.

2020 mendatang, Pemkab Konawe telah menyiapkan anggaran dalam program ‘Konawe Gemilang’ di 10 kecamatan. Program yang diprioritaskan khusus masyarakat miskin itu, akan diberikan kepada 50 Kepala Keluarga (KK) di masing-masing kelurahan dan desa.

Pose bersama usai kegiatan

“Semoga dapat diaplikasikan dengan baik oleh masyarakat,” tuturnya.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe, H Gunawan Samat melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Budidaya, Indriana Ripin, SE ME menyebut teknik budikdamber dapat dilakukan di mana saja, termasuk di pekarangan yang sempit sekalipun.

Baca juga :

Untuk cara budidayanya pun tidak terlalu sulit. Jika biasanya secara konvensional harus memiliki lahan dan modal besar, tidak dengan budikdamber.

“Hanya memerlukan ember yang berukuran kecil yang dapat menampung air hingga 100 liter,” tuturnya.

You cannot copy content of this page