NEWS

Kades Karandu : Warga yang Tidak Terima BLT DD akan Dapat Bantuan Kambing 

352
×

Kades Karandu : Warga yang Tidak Terima BLT DD akan Dapat Bantuan Kambing 

Sebarkan artikel ini
Pembagian BLT DD Karandu.

KONAWE – Kepala Desa (Kades) Karandu Kecamatan Anggotoa Kabupaten Konawe, Agus Mujiono mengatakan bagi warganya yang belum menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) agar tidak berkecil hati. Sebab, ia berjanji pihaknya bakal memberikan bantuan induk kambing untuk diternak.

Ia mengungkapkan program tersebut merupakan bentuk dari realisasi kebijakan terkait pemanfaatan 20% DD untuk program ketahanan pangan dan hewani sesuai Perpres 104 Tahun 2021.

“Rencananya ada 30 sampai 40 ekor indukan kambing yang akan diberikan ke peternak,” ucap Kades Karandu, Agus Mujiono dalam keterangannya Selasa, 19 April 2022.

Sedangkan soal BLT DD, Agus menjelaskan pihaknya menyalurkan bantuan itu kepada 83 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan rincian bantuan setiap KPM menerima Rp 900 ribu. Jumlah itu bertambah 39 KPM dari jumlah sebelumnya.

Baca Juga : Polsek Bondoala di Konawe Serahkan Bantuan untuk Pelaku UMKM

Agus menyebut, bantuan itu terhitung dari periode januari, februari dan maret dimana setiap bulannya menerima Rp 300 ribu dengan total anggaran yang disalurkan senilai Rp 74,7 juta.

“Bertambahnya jumlah KPM ini dikarenakan adanya regulasi yang mewajibkan untuk mengalokasikan anggaran BLT-DD sebesar 40 persen dari total DD tahun anggaran berjalan di masing-masing desa sehingga kami membentuk tim verifikasi dari  perwakilan elemen pemerintahan dan masyarakat  yang akan mencatat dan melakukan validasi terhadap masyarakat calon tambahan penerima   BLT DD ini,” ungkap Agus.

Agus meminta warganya memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan tersebut apalagi kebutuhan pokok saat ini sangat mendesak misalnya minyak goreng.

“Kalau vaksinasi, kami tidak ada kendala karena 80 persen warga desa Karandu  telah melakukan vaksinasi tahap dua,” ujarnya.

 

Penulis : Redaksi

You cannot copy content of this page