oleh

Kajati Sultra Apresiasi Sinergitas Kajari Muna dalam Penegakan Hukum

-NEWS-386 dibaca

MUNA – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sarjono Turin mengapresiasi hubungan kemitraan yang terjalin baik antara Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Muna bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Hal itu diungkapkan Sarjono saat melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama rombongan dikantor Kejari Muna dalam rangka peresmian gedung barang bukti (BB) dan musalah yang dirangkaikan ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Kamis 11 November 2021.

Sarjono mengaku tersanjung sejak pertama kali menginjakan kaki di Bumi Sowite yang mendapatkan sambutan meriah dari Pemkab Muna berkolaborasi dengan Kejari Muna.

Pramuka

“Sambutan ini menunjukan adanya sinergitas, kekompokan dan koordinasi yang baik antara foorkopimda baik Muna dan Mubar, sekaligus membuktikan eksistensi kajari bertugas,” ucap Sarjono dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, telah berpesan kepada seluruh jajarannya teruma kajari di Sultra bahwa dalam penegakan hukum maupun saat melakukan pendampingan, jaksa memiliki dwi fungsi yakni sebagai anggota forkopimda dan disatu sisi adalah aparat penegak hukum (APH).

“Dalam hal ini jaksa harus berdiri pada posisi yang fleksibel dimana dalam menegakan hukum diperlukan ketegasan dan kerja keras guna menjaga kondusifitas suatu wilayah,” ujarnya.

Olehnya itu lanjut Sarjono maka itu jaksa butuhkan pemahaman bagaimana lakukan kordinasi dengan forkopimda baik itu Bupati, Kapolres maupun Dandim karena dinamika saat ini cepat berubah apalagi dengan kemajuan teknologi IT.

Bupati Muna, Rusman Emba mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang terbangun antara Pemkab Muna dan Kejari Muna selama ini karena banyak hal yang telah dilakukan termasuk pencerahan dan pendampingan hukum.

Rusman mengatakan saat ini Pemkab Muna mendapat bantuan pinjam dari PT. Sarana Multi Infrastruktur dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN), namun dalam pelaksanaannya nanti, orang nomor satu itu berharap mendapat bimbingan dari Kejari Muna.

“Tentu kami berharap diberikan petunjuk dan bimbingan karena kalau bicara hukum saat ini kadang kala sesuatu yang tidak kita inginkan bisa terjadi hanya karena ketidak pahaman tentang hukum,” harapnya.

Kegiatan ramah tamah kunjungan kerja Kajati Sultra dengan Pemkab Muna dihadiri Bupati Mubar, Ahmad Lamani, Wakil Bupati Muna, Drs. H. Bachrun, M.Si, Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho, Wakil Ketua DPRD Muna, La Ode Nasir Ido, Perwakilan Dandim Muna beserta Kepala OPD yang berkesempatan hadir.

Penulis: Arto Rasyid

Terkini