NEWS

Kampanye di Bondoala, Cabup No 3 Harmin Ramba Sebut Dapil 3 Konawe Merupakan Daerah Pertumbuhan Baru Layak Dikawal Jadi DOB dan Buat BLK

133

KONAWE, mediakendari.com – Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe nomor urut 3, Harmin Ramba dan Dessy Indah Rachmat menghadiri kampanye dialogis di Desa Laosu, Kecamatan Bondoala,
Minggu Sore (6/10/24).

Saat kampanye, Paslon Harmin-Dessy memaparkan rencana strategis kedepan dalam membangun Kota Padi.

Menurut Cabup No urut 3 Harmin Ramba di Kabupaten Konawe ada 3 Daerah bisa mejadi Daerah Pertumbuhan Baru.

Ketiga Daerah tersebut, yakni Unaaha bisa di jadikan Kota, sementara Kabupaten Konawe bisa diletakkan antara Latoma dan Routa. Kemudian dapil 3 Konawe meliputi 7 kecamatan bisa di jadikan daerah pertumbuhan baru Konawe Timur Laut menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).
k
Tak hanya itu, Harmin Ramba juga menyebut, terkhusus di Bondoala menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru karena berada di daerah lingkar tambang PT VDNI dan PT OSS.

Karena berada diwilayah lingkar tambang tersebut maka akan meningkatkan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Konawe dengan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) bertempat di Kecamatan Bondoala.

Mantan Pj Bupati Konawe, Harmin juga menegaskan pentingnya keberadaan fasilitas pelatihan tersebut dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang terampil dan memiliki sertifikasi, sehingga mampu bersaing di pasar kerja, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Insya Allah, Bondoala ini saya akan tempatkan pembangunan kantor Balai Latihan Kerja, sebelum masuk kerja di industri, sehingga para calon tenaga kerja yang ingin bekerja di industri pertambangan tersebut sudah memiliki kemampuan atau skill yang siap kerja” ujarnya.

Harmin bilang, Bondoala memiliki potensi besar untuk tumbuh sebagai wilayah industri. Namun, potensi itu perlu didukung oleh SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas.

“Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk membangun Balai Latihan Kerja di sini, yang akan menjadi tempat bagi generasi muda untuk mendapatkan keterampilan sesuai kebutuhan industri,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa BLK nantinya akan menawarkan berbagai program pelatihan yang sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja, seperti keterampilan di bidang teknik, pertambangan, permesinan, alat berat dan lain sebagainya.

“Kami tidak ingin hanya memberikan pelatihan tanpa arah. Kami pastikan kedepan peserta BLK akan mendapatkan sertifikasi resmi, sehingga keahlian mereka diakui dan mereka bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang layak, baik di Konawe maupun di luar daerah,” tambahnya.

Pasangan calon Wakil Bupati nomor urut 3 Harmi menyebutkan, kedepan dirinya juga akan mendorong para calon tenaga kerja di industri pertambangan, yang berasal dari tenaga kerja asal Konawe dulu dan sisanya baru dari luar Konawe.

Lebih jauh Harmin merinci program kerjanya jika terpilih jadi pemimpin di konawe, selain rencana pembangunan BLK, Paslon nomor urut 3 juga menegaskan kembali komitmen mereka untuk mendorong pembangunan infrastruktur, sosial budaya, pariwisata, UMKM yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Konawe, termasuk peningkatan akses jalan di wilayah-wilayah kecamatan yang potensial termasuk di Bondoala.

“Kami mengajak masyarakat Bondoala pada khususnya untuk mendukung sekaligus memilih kami pasangan Harmin Ramba dan Dessy Indah Rachmat di pilkada yang akan berlangsung pada 27 November mendatang. Kami, Harmin – Dessy siap bekerja untuk masa depan Konawe yang lebih baik, dan bersama-sama kita bisa mewujudkan Komawe Maju Menuju Kota Padi,” ucap Harmin sekaligus menutup acara kampanye dialogis.

Laporan : Redaksi

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version