Kapal Gratis Raha-Maligano Resmi Beroperasi, Ini Jadwalnya

Reporter : Erwino
Editor: Taya

MUNA – Kabar gembira bagi masyarakat Muna, Sulawesi Tenggara khususnya yang kerap menggunakan jasa penyeberangan rute Raha-Maligano dan sebaliknya. Jika sebelumnya harus merogoh kocek dengan jasa penyeberangan laut, kini tidak lagi.

Pemerintah Kabupaten Muna telah menyediakan kapal Fery melalui PT Pelni yang akan mengangkut masyarakat dengan rute Raha-Maligano secara gratis tanpa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Kapal tersebut mulai beroperasi sejak diresmikan Bupati Muna, LM Rusman Emba didampingi Kepala PT Pelni cabang Baubau, Ahmad Sadikin, Minggu (8/12) sekira pukul 14:00 Wita di dermaga Pelabuhan Lagasa.

Jadwal beroperasinya Fery bernama KM Gandha Nusantara 19 itu hanya Sabtu dan Minggu. Berdasarkan jadwal keberangkatan pada Sabtu, kapal akan berangkat dari Raha ke Maligano pada pukul 13:00 Wita. Sebaliknya dari Maligano-Raha kapal berangkat pukul 08:00 Wita. Kapasitas muatnya sebanyak 80 orang. Sementara ini, kapal belum bisa melayani muatan kendaraan, sebab adanya kendala dermaga Maligano yang belum siap.

Fortune

Baca Juga :

Ahmad Sadikin mengaku, beroperasinya kapal Fery itu tak lepas dari permintaan pemerintah Kabupaten.

“Diharapkan masyarakat dapat turut andil dalam menjaga dan memelihara aset Negara tersebut,” ujar Ahmad Sadikin.

Rusman Emba berharap, dengan adanya kapal gratis tersebut dapat lebih meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Ia berjanji, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pengembangan sarana prasana di Bumi Sowite.

“Semoga kita senantiasa diberi kelapangan, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud,” cetus Rusman. (B)