oleh

Kapolda Sultra Imbau Agar Hindari Isu SARA dalam Tahapan Pilkada Serentak 2018

KENDARI – Pemilihan Umum (Pilkada) serentak di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah masuk tahapan pendaftaran Calon Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, semakin dekatnya tahapan pemilihan serentak di berbagai daerah di Sultra. Pihak Kepolisian, TNI beserta pihak terkait siap melakulan pengamanan agar konflik tidak terjadi.

“Polda Sultra, bersama TNI, stakeholder terkait dan masyarakat siap mengamankan Pilkada serentak, serta menjauhkan masyarakat dari konflik,” ujar Andap dalam rilis yang diterima oleh Mediakendari.com, pada Senin (08/01/2018).

Ia menghimbau kepada masyarakat, agar bersama-sama mewujudkan Pilkada yang kondusif dan damai serta terpilihnya seorang Pemimpin yang menjadikan Sultra menjadi lebih maju dan sejahtera.

“Bagi penyelenggara Pemilu, KPU diharapkan agar melaksanakan amanat yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat meminimalisir potensi konflik,” ungkapnya.

Bagi para pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran mulai 8 hingga 10 Januari 2018, diharapkan kerja sama dan komitmennya untuk membangun Sultra, serta siap menang dan kalah. Kemenangan diharapkan diraih tanpa adanya money politic.

“Masyarakat supaya bisa menghindari isu-isu yang bersifat SARA dan ujaran kebencian. Terhadap segala bentuk penyimpangan, akan dijerat dengan ketentuan hukum yang berlaku seperti tindak pidana Korupsi, UU ITE dan UU lainnya,” tegasnya.

Andap juga menambahkan, pihaknya juga selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan penyelenggara untuk bersama-sama mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan ataupun ancaman yang mungkin timbul.

“Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas di Wilayah kita sehingga tercapai Sultra yang kondusif dan damai,” pungkasnya.

Reporter: Ruslan
Editor: Kardin

Terkini