Kapolri Bersama Panglima TNI Resmikan Gedung Baru Polda Papua

NEWS168 dibaca

JAYAPURA, MEDIAKENDARI.COM – Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. meresmikan gedung baru Polda Papua di Distrik Muaratami, Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023).

Turut hadir peresmian tersebut SE para kepala staf TNI, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kapolri mengatakan bahwa kedatangannya bersama Panglima dan ketiga Kepala Staf TNI sebagai bentuk kecintaan TNI dan Polri terhadap Papua.

“Hari ini kami bersama Bapak Panglima dan tiga kepala staf dan seluruh jajaran, jadi hari ini di wilayah Papua banyak bertebaran bintang empat, bintang tiga, bintang dua. Tentunya ini menjadi bagian komitmen kita semua bahwa TNI-Polri sangat mencintai tanah dan masyarakat Papua,” jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam keterangannya, Minggu (8/1/2023).

Kapolri juga mengatakan bahwa Markas Polda Papua yang baru ini dibangun pada tempat yang strategis sejalan dengan apa yang sudah direncanakan oleh Bapak Presiden bahwa Papua harus maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang mana Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

Kapolri berpesan kepada Kapolda Papua agar pembangunan Polda Papua tidak hanya sekedar membangun gedung namun juga bagaimana ke depan harus bisa membangun kualitas pelayanan Kepolisian kepada masyarakat agar terus ditingkatkan dan harus betul-betul dilaksanakan sehingga masyarakat merasa nyaman dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang lebih baik dan kualitas pelayanannya menjadi semakin baik.

Selain itu, mantan Kapolda Banten tersebut mengatakan bahwa Polda Papua telah mencetak sejarah baru dimana peresmian Polda dilakukan oleh Panglima TNI, Kapolri dan tiga Kepala Staf Angkatan. Hal ini merupakan kado hari Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat Papua.

“Hal ini juga menjadi contoh dan kunci bahwa sinergitas dan soliditas TNI Polri semakin hari semakin membaik dan kokoh yang mana dibuktikan pada kegiatan hari ini. Saya juga menekankan kepada bapak Kapolda Papua agar jajaran ke bawah untuk juga bisa meningkatkan sinergitas dengan anggota TNI maupun instansi lain,” tegas Kapolri.

Sementara itu, ditempat yang sama, Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono menyampaikan, patut bangga karena pada hari ini membuat sejarah baru yang mana baru pertama kali ada Polda yang diresmikan oleh panglima TNI dan Kapolri bersama tiga Kepala Staf Angkatan, hal tersebut menunjukkan betapa cintanya TNI-Polri kepada tanah dan masyarakat Papua.

“Kedatangan kami ke Papua tidak memerlukan perencanaan yang lama begitu kami merencanakan waktu Sebentar dan memiliki kesepakatan bersama kami langsung berangkat ke Papua hal tersebut untuk menunjukkan betapa TNI-Polri begitu mencintai Papua,” tutup Panglima TNI.

Reporter : Muhammad Ismail