oleh

Karnaval Tenun HUT Sultra, Konsel Tampilkan Kostum Bidadari Air Terjun Moramo

-FEATURED, WISATA-37 dibaca

KENDARI – 150 kontingen Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang di koordinir Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Agusalim, ikut ambil bagian dalam Sultra Tenun Karnaval 2018 dalam rangka memperingati HUT Provinsi Sultra ke 54 yang diselenggarakan di Kota Kendari, Selasa (24/4/2018).

Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Mahar Buburanda Imran menjeleskan, untuk kontingen Konsel yang diturunkan terdiri dari para Camat dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemda masuk dalam barisan urutan pertama untuk kategori C (Tingkat Kabupaten/Kota).

Sementara itu lanjutnya, untuk barisan terdepan kontingen Kabupaten Konsel,  rombongan seorang puteri menaiki kereta yang memamerkan corak tenun yang di dominasi warna kekuning-kuningan.

“HUT Sultra tahun ini kami Konsel mengambil Tema Kemilau Air Terjun Moramo, yang mana Air terjun Moramo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Konsel, yang dahulu kala dipercaya lokasi permandian para bidadari yang turun dari kayangan,” ucap Randa, Rabu (25/4/2018).

BACA JUGA: Muna Tampilkan Ikon Gunung Lambelu di Karnaval Halo Sultra
Parade Sultra tenun karnaval Konsel terangnya, menggambarkan sosok Bidadari rupawan juga jelita yang menggunakan busana berbalut motif tenun khas daerah yang di dalamnya terdapat Kalosara, pohon Sagu serta Rusa bertanduk lima.

Motif Kalosara sendiri mengartikan satu persatuan adat Tolaki/Medulu Mepokoaso, dengan tiga komponen yakni Pemerintah, Masyarakat dan Agama.

Untuk diketahui, model yang memeragakan corak tenun Konsel merupakan asli Putra-Putri Konsel yang telah berprestasi diberbagai ajang, diantaranya sosok Bidadari diperagakan oleh Runner Up Puteri Indonesia 2016-2017 Sri Rahmisari Rembulan, dan pasangan Prianya merupakan Juara I Indonesia Top Model Sultra 2016, Arif Setiawan.

Juga turut melibatkan Muh Affan Julio Uston yang akan mewakili Indonesia ke ajang International di Negara Thailand sebagai Little Prince International 2018, juga pernah menyabet Juara I Little Mister Tourism Indonesia Tahun 2016.

Sekaligus pernah menjadi Mascot Indonesia Top Model Junior 2016, serta Model Cilik yang bernama Queen Talove Puteri Uston yang pernah meraih juara Indonesia Top Model Junior 2016.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini