BOMBANANEWS

Kawasan Pesisir Jadi Wilayah Dengan Kemiskinan Tertinggi di Bombana

293
×

Kawasan Pesisir Jadi Wilayah Dengan Kemiskinan Tertinggi di Bombana

Sebarkan artikel ini

Reporter : Hasrun

RUMBIA – Wilayah pesisir di Kabupaten Bombana menjadi kawasan dengan tingkat kemiskinan tertinggi di daerah tersebut.  Salah satu wilayah dengan kemiskinan tertinggi yakni di Kecamatan Poleang dengan jumlah 2.123 Kepala Keluarga (KK).

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Bombana, Andi Srilaela menjelaskan, berdasarkan rilis Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) tahun 2019, jumlah KK miskin di Bombana mencapai 19.400 KK.

“Rata – rata tinggal dibagian pesisir. Kalau kita kaitkan dengan kriteria kemisikinan banyak yang memiliki rumah diatas laut. Tidak mungkin rumah permanen, pasti papan,” kata Srilaela, Selasa 28 Januari 2020.

Menurutnya, data kemiskinan yang dirilis Pusdatin Kesos berbeda dengan hasil validasi Dinsos Bombana. Ia mencontohkan di 2018 lalu, dimana Pusdatin merilis jumlah warga miskin sebanyak 19,467, sedangkan versi Dinsos hanya 9,776 KK.

“Kami sudah finalisasi data KK miskin pada Oktober 2019 lalu. Data KK rilis Pusdatin Kesos menurun menjadi 19.400. Kami juga sudah finalisasi jumlah KK miskin di Januari 2020, hanya SK-nya belum di keluarkan Pusdatin. Kemungkinan akan menurun lagi,” paparnya.

You cannot copy content of this page