NEWS

KBST Gelar Diseminasi Program BIPA di Kolaka

465
×

KBST Gelar Diseminasi Program BIPA di Kolaka

Sebarkan artikel ini
Proses Kegiatan Diseminasi Program BIPA di Kabupaten Kolaka

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) Kembali menyelenggarakan Diseminasi Program BIPA di Kabupaten Kolaka, setelah dua hari sebelumnya melaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang berasal dari akademisi Universitas Sembilanbelas November (USN) dan juga beberapa instansi pemerintah Kabupaten Kolaka yang selama ini terlibat langsung dengan tenaga kerja asing (TKA).

Diantaranya, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian, dan Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka.

Selain itu, KBST juga mengundang perwakilan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA.

Baca Juga : Rapat Koordinasi Dewan Pers, Menkominfo, dan Konstituen Ricuh

Hadir pula dalam kegiatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Muhammad Bakri, mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka; Kepala KBST, Uniawati.

Dua orang narasumber dalam kegiatan ini yakni, Meili Sanny Sinaga dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa dan Muh. Kurniawan Rachman yang merupakan Duta Bahasa Negara.

Diseminasi Program BIPA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan dan masyarakat Kabupaten Kolaka tentang program BIPA dan produk-produknya.

Kepala Kantor Bahasa Sultra Uniawati melalui keterangan tertulis mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi nyata KBST sebagai unit pelaksana teknis Badan Bahasa dalam mengimplementasikan salah satu program prioritas.

“Program ini yaitu penginternasionalan bahasa Indonesia. Saya optimis bahwa program BIPA dapat terlaksana di Sulawesi Tenggara” kata dia.

Baca Juga : Pemkot Baubau Minta Roni Muhtar Kembalikan Randis Sekda

Sejak tahun 2022, beberapa universitas di Kota Kendari telah membangun kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri dan ada juga mahasiswa asing yang datang belajar bahasa Indonesia di Kendari.

“Tapi, saya belum tahu, apakah universitas di Kolaka, yaitu USN, juga telah bekerja sama dengan universitas di luar negeri. Harapannya nanti bisa bertemu dengan pihak universitas untuk berdiskusi tentang hal ini,” ujar Uniawati.

Ia juga berharap pihak pemerintah daerah dapat melibatkan KBST untuk berdialog dengan beberapa perusahaan asing yang ada di Kolaka tentang pengajaran BIPA.

Selaras dengan tujuan KBST, pihak pemerintah daerah yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan diseminasi terkait pelaksanaan program BIPA di Kabupaten Kolaka dan ia siap mendukung program tersebut.

Reporter : Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page