oleh

Kea-kea, Wisata Permandian Air Panas dan Dingin di Kolaka

Reporter Taswin Tahang

KOLAKA – Wilayah Kabupaten Kolaka memiliki banyak sumber daya alam yang dapat dikelola, salah satunya wisata permandian air panas dan dingin Kea-kea yang sekarang menjadi objek wisata andalan di Bumi Mekongga.

Pengelola Wisata, Wahid menjelaskan, wisata alam tersebut belum lama dibangun, sehingga masih akan dilakukan beberapa pembenahan baik di luar maupun di dalam kawasan.

“Baru dua tahun, masih panjang umurnya, ini nanti masih ada proyek yang akan masuk,” jelasnya Sabtu 8 Februari 2020.

Aliran sungai. Sabtu 8 Februari 2020 Foto : MEDIAKENDARI.com/Taswin Tahang./a

Sumber air panas tersebut keluar dari bagian sisi tepian sungai yang saat ini jumlah sumber air panasnya berjumlah tujuh dan telah banyak pula yang sudah tidak mengeluarkan air panas.

Saat mendekati sumber air panas, pengunjung langsung dapat mencium bau belerang yang sangat jelas terhirup masuk ke dalam hidung.

Wahid juga mengungkapkan, dulunya pernah ada bak untuk menampung air panas yang berasal dari beberapa sumber, itu dilakukan agar dapat terkumpul, namun sekarang sudah tidak ada lagi.

“Dulu air nya terkumpul di bak, tapi sekarang sudah jebol,” ungkapnya

Taman bermain anak salah satu fasilitas yang dibangun Sabtu 8 Februari 2020 Foto : MEDIAKENDARI.com/Taswin Tahang./a

Pada daerah wisata yang berukuran 10 hektar juga telah dibangun beberapa pasilitas seperti gazebo, flying fox, taman bermain anak, aula, fila, warung, musholla serta spot foto. Untuk merasakan fasilitas tersebut pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 2 ribu.

Ulunggolaka lokasi wisata. Sabtu 8 Februari 2020 Foto : MEDIAKENDARI.com/Taswin Tahang./a

Untuk menuju wilayah wisata yang berada di kawasan KSDA Mangolo Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit melalui jalur beraspal sampai ke lokasi wisata. (b)

Terkini