oleh

Kebakaran Depan Kampus UHO Diduga Gegara Pertikaian Kelompok Pemuda

KENDARI – Kebakaran yang menghanguskan barber shop (pangkas rambut),  Rumah Makan Sederhana dan satu unit rumah warga depan kampus Halu Oleo Kendari diduga karena dibakar oleh kelompok pemuda tak dikenal sekitar pukul 15:15 Wita yang sebelumnya terlibat pertikaian dengan pemuda yang sering nongkrong di tempat pangkas rambut yang menjadi titik awal munculnya api.

Salah satu saksi mata yang enggan menyebutkan identiasnya itu mengatakan melihat langsung kejadian saat pembakaran. Dia mengungkapkan bahwa, mulanya ada empat orang membawa samurai dan menghampiri pangkas rambut tersebut.

“Empat orang itu tiba tiba muncul dan ribut di pangkas rambut kemudian mencari lawannya di tempat itu, karna tidak ada, mereka mengambil sebotol bensin yang terpajang kemudian menyiramkan ke pangkas rambut itu dan membakarnya,” tuturnya ke Mediakendari.com (21/12).

Saksi tersebut mengatakan bahwa pihak pangkas rambut sudah melaporkan pelaku yang melakukan pembakaran karena identitas mereka sudah diketahui.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Poasia, Kompol Haeruddin mengatakan akan mendalami sesuai laporan yang ada.

“Kami sudah mendapatkan laporan, namum kami akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu guna mengetahui penyebab kebakaran,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pemilik Rumah Makan Sederhana, Sugeng mengatakan, sebelumnya ada dua orang pemuda dengan membawa samurai meminta korek api di tempatnya.

“Sebelum kebakaran tadi, dua orang pemuda datang meminta korek api di sini. Mereka juga bawa samurai. Saya menduga mereka yang sengaja melakukan pembakaran,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pemilik beberapa bangunan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, karena belum sempat menyelamatkan barang barang berharganya. Adapun beberapa bangunan yang terbakar yakni, Warung Makan Sederhana, Kios Tabung Elpiji, Kios Tukang Jahit, Kos-Kosan Papariza, satu rumah warga, kios pangkas rambut dan dua kios penjual bensin eceran.

Lima unit mobil pemadam kebakaran Kota Kendari dikerahkan untuk memadamkan api dan dibantu dengan warga setempat pada pukul 16:45 Wita, api sudah dipadamkan. Akibat peristiwa tersebut, Jalan H.E.A Mokodompit Kendari sempat mengalami kemacetan, terlihat juga puluhan polisi dari Polres Kota Kendari melakukan penjagaan di lokasi kebakaran.

Reporter: Hendriansyah

Terkini