NEWS

Kecamatan Baruga Menangkan Lomba Lulo Tradisional Antar Wilayah se Kota Kendari

790
×

Kecamatan Baruga Menangkan Lomba Lulo Tradisional Antar Wilayah se Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Lomba tari lulo tradisional yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari yang ke-192 telah dilaksanakan pada Kamis, (04/05/23) malam.

Lomba tersebut dimenangkan Kecamatan Baruga dengan perolehan nilai 1.760 disusul Kecamatan Wuawua dengan perolehan nilai 1747.

Penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan ketika berbicara lulo terdapat aturan dalam pelaksanaan lulo yang sesungguhnya.

“Contoh, masuknya itu tidak dari belakang, tapi dari depan dan minta izin. Jangan sampai kita salah kaprah dalam memerankan tari tradisional lulo,” ungkapnya.

Dia melanjutkan aturan yang kedua, manakala ada yang saling berpegangan antara laki-laki dan perempuan maka haram hukumnya untuk dipisahkan.

Baca Juga : Resmob Polda Sultra Ringkus Residivis Curanmor

“Jadi lulo itu tidak hanya sekadar hiburan tapi ada adat istiadat yang mengatur disana” katanya.

“Kemudian dalam satu putaran itu tidak boleh perempuan yang di ujung itu pakemnya, karena laki laki prinsipnya selalu melindungi, jadi manakala putus laki laki harus inisiatif untuk ada di ujung,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Baruga Sentosa mengungkapkan rasa syukurnya pasalnya dengan terpilihnya sebagai juara, artinya kecamatan Baruga telah menunjukkan penampilan terbaiknya.

“Alhamdulillah kita bisa juar pertama kami juga sudah mempersiapkan selama satu bulan dan Alhamdulillah hasilnya terlihat malam ini,” ungkapnya.

Baca Juga : Kurangi Rumah Layak Huni, Pemkot Kendari Bedah Rumah di Kelurahan Lalolara

Dia juga mengapresiasi juri dan dukungan penonton serta kekompakan tim tari Lulo tradisional sehingga Tim Lulo Kecamatan Baruga bisa tampil maksimal dan menjadi juara pertama.

“Tim kami merupakan ibu-ibu PKK dan ibu lurah se-Kecamatan Baruga dan tidak ada satupun dari sanggar,” bebernya.

Untuk diketahui, hasil lomba tari Lulo tradisional menetapkan 6 juara, yaitu:

Juara 1 Kecamatan Baruga dengan nilai 1.760, juara 2 Kecamatan Wua Wua dengan nilai 1.747, juara 3 Kecamatan Kadia dengan nilai 1.690, juara 4 Kecamatan Mandonga dengan nilai 1.686, juara 5 Kecamatan Abeli dengan nilai 1.600, dan juara 6 Kecamatan Nambo dengan nilai 1.512.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari.com

You cannot copy content of this page