oleh

Kejar Target Akreditas Paripurna, 16 Pokja BLUD RS Konawe Terus Berbenah

-KONAWE, SULTRA-91 dibaca

Redaksi

KENDARI – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Kabupaten Konawe terus berbenah dari sisi pelayanan dan menajemen serta tata kelola organisasi. Pembenahan ini dilakukan untuk mengejar target besar di tahun ini yakni akreditasi paripurna.

Akreditasi paripurna sendiri adalah tingkat kelulusan tertinggi yang dapat diraih rumah sakit. Rumah sakit yang telah terakreditasi, mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua hal yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan standar.

Tidak hanya sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit, yang dinyatakan sudah sesuai standar. Pelayanan dan prosedur layanan yang dilakukan kepada pasien juga sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Untuk meraih akreditasi paripurna ini, Direktur BLUD RS Konawe, dr. H. M. Agus S. Lahida, MMR menjelaskan, pihaknya melakukan banyak pembenahan khususnya pada 16 Kelompok Kerja (Pokja) yang menjadi tim kerja akreditasi.

“Sejak tahun 2018 kami sudah siapkan, cuma karena perpindahan ruangan makanya kami tunda di 2019, dari 16 Pokja yang kami siapkan semua sudah berbenah diri, untuk melakukan penyempurnaan untuk menyongsong akreditasi Paripurna,” jelasnya.

Dalam rangkaian persiapan akreditasi paripurna ini, kata dr. Agus, RS Konawe juga telah dilakukan survei oleh tim khusus dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang berjumlah empat orang, pada beberapa waktu lalu.

“Yang datang dari KARS Semua ada empat orang, ada yang dari Jakarta, Bojonegoro, ada yang dari Palu. Ini baru survei simulasi, untuk survei akreditasi yang sebenarnya nanti di bulan Juli 2019,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, persiapan lain untuk mencapai status akreditasi paripurna, pihaknya saat ini tengah memaksimalkan sarana dan pelayanan untuk mencapai tergat sebagai RS rujukan regional terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kita harapkan agar RS ini juga bisa menjadi rujukan regional terbaik di Sultra, sehingga masyarakat Konawe tidak perlu jauh-jauh berobat ke Makkasar, atau kota besar lain, dan cukup di Unaaha saja sudah terlayani kebutuhannya,” tambahnya.

dr. Agus juga berharap, target akreditasi paripurna yang diperjuangkan dirinya bersama tim dan Pokja bisa dicapai di tahun 2019. “Kita harapkan Rumah Sakit Konawe ini bisa terakreditasi paripurna, atau yang tertinggi di tahun ini, Insya Allah,” tutupnya.

Terkini