oleh

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Konawe Utara Menurun

 

Reporter: Supriyadin Tungga

KONAWE UTARA – Kekerasan terhadap perempuan dan anak di Konawe Utara menurun jika merujuk pada data yang dimiliki Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Konut.

“Jika dibanding tiga tahun yang lalu, tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan di Konawe Utara mengalami penurunan,” terang Kadis P3A Konawe Utara, Martina pada Rabu, 10 Maret 2021.

Tercatat pada 2017 sebanyak 27 kasus. Angka ini menurun menjadi 5 kasus 2018. Kemudian tersisa 3 kasus pada 2020.

“Rata-rata kasusnya pada kalangan anak, kasus pelecehan seksual di bawah umur,”jelasnya saat ditemui di kegiatan Pemda Konut.

Martina mengungkap, sepanjang Januari hingga Maret 2021, tercatat ada 3 kasus pelecahan seksual di bawah umur.

“Tiga kasus itu sudah dilimpahkan ke kejaksaan, sedangkan para pelaku masih diamankan di Polsek Lasolo menunggu hasil verifikasi laporan dan sidang keputusan perkara selanjutnya,” ungkapnya.

Martina mengaku puas dengan menurunnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayahnya. Ia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin meminimalisir terjadinya kasus kekerasan dengan terus melakukan sosialisasi hingga ke tingkat kecamatan.

“Kepada seluruh orang tua, bapak ibu untuk terus memonitoring anaknya agar terhindar dari mara bahaya sebagaimana peristiwa yang lalu,” tutupnya. (B)

Terkini