oleh

Kembalikan Energi Setelah Berpuasa dengan Hidangan Manis dan Sehat

Redaksi

KENDARI –  Pada bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa satu hari penuh dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Saat menjalankan puasa itu tubuh tidak menerima asupan makanan atau minuman, yang dapat diolah menjadi energi.

Untuk diketahui, glukosa merupakan sumber energi utama tubuh manusia. Glukosa berasal dari asupan makanan dan minuman, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Saat tubuh membutuhkan energi, glukosa akan dilepaskan ke aliran darah. Namun, selama puasa proses tersebut berubah.

Mengutip Kompas.com, Senin (6/5/2019), setelah 8 jam puasa, hati akan menggunakan cadangan glukosa terakhirnya untuk dijadikan energi. Inilah alasan mengapa kita mudah merasa lemas dan mengantuk saat berpuasa.

Guna mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, British Nutrition Foundation menyarankan, berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, rendah lemak, serta mengandung gula alami.

Contohnya, buah kurma dan madu. Buah kurma mengandung gula alami dan berbagai mineral, seperti kalium, tembaga, serat, vitamin, dan antioksidan, yang baik untuk sistem pencernaan dan fungsi otak. Sementara itu, madu mengandung glukosa, fruktosa, dan air. Terdapat juga senyawa nutrisi lain, yaitu protein, vitamin, dan mineral.

Selain dikomsumsi langsung, buah kurma dan madu juga bisa dikreasikan menjadi berbagai menu buka puasa menarik. Puding roti kurma Jika ada roti tawar di rumah, Anda bisa mengolahnya menjadi puding roti dengan tambahan kurma.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, yakni 5-6 lembar roti tawar dipotong dadu, buah kurma yang dipotong kecil-kecil. Bahan lainnya, yaitu 2 butir telur, 250 ml susu cair, bubuk kayu manis, 2 sendok makan (sdm) mentega yang sudah dilelehkan, 5 sdm madu, dan 1 sdt esens vanila.

Untuk membuatnya, kocok telur, madu, dan esens vanila. Lalu tambahkan susu cair dan aduk hingga rata. Sisihkan. Kemudian susun potongan roti tawar di mangkuk tahan panas. Siramkan mentega cair ke atas potongan roti.

Setelahnya, tuangkan adonan susu, madu, dan telur hingga roti terendam. Taburkan potongan kurma dan bubuk kayu manis di atasnya. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 15 menit. Selain itu, Anda juga bisa mengukusnya selama 15-20 menit.

Smoothie kurma Untuk membuat smoothie kurma bahan-bahan yang diperlukan, yakni 5-6 buah kurma tanpa biji, 2 cangkir susu cair, 2 sendok teh (sdt) madu, dan es batu. Kemudianm campurkan semua bahan dan blender hingga lembut.

Tunggakan smoothie ke gelas dan sajikan selagi dingin. Sebagai variasi, smoothie kurma juga bisa dipadukan dengan aneka buah lain, seperti, pisang, mangga, stroberi, alpukat, atau apel.

Puding kurma marmer Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding kurma adalah 1 bungkus agar-agar bubuk putih, 50 ml susu kental manis, 500 ml air, 1/8 sdt vanili bubuk, 65 gram gula pasir, 1 kuning telur, 50 gram kurma di potong kotak, 1 sdm cokelat bubuk dilarutkan dengan ½ sdm air. Cara membuatnya, larutkan susu kental manis dengan air di dalam panci. Tambahkan agar-agar, gula pasir, dan vanili bubuk.

Rebus sampai mendih, kemudian matikan api. Ambil sedikit adonan dan tuangkan ke kuning telur. Aduk hingga rata. Tuangkan kembali campuran telur ke adonan agar-agar. Aduk cepat. Lalu, nyalakan api kembali dan rebus hingga meletup-letup.

Ambil 50 ml adonan. Tambahkan larutan cokelat bubuk. Aduk rata. Susun potongan kurma dalam cetakan. Kemudian tuang adonan putih. Diamkan hingga sedikit membeku. Tuang adonan cokelat dan buat motif marmer dengan tusuk gigi.

Nah, simpel bukan resep-resepnya? Bagi yang ingin mencoba, Anda bisa mendapatkan semua bahan-bahan tersebut di Tokopedia. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi semua kebutuhan Ramadhan di Tokopedia.

Nikmati pula berbagai promo Ramadhan, hadiah, serta penawaran menarik lainnya, mulai tanggal 1 April – 13 Mei 2020. Transaksi Anda pun dapat semakin mudah dengan menggunakan OVO. Jangan lupa top-up saldo OVO melalui Tokopedia agar kegiatan belanja online semakin cepat dan praktis

Terkini