BOMBANA

Kenalkan Budaya Daerah, Ikapermab Pentaskan Tari Lumense di Yogyakarta

333
×

Kenalkan Budaya Daerah, Ikapermab Pentaskan Tari Lumense di Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
Enam anggota Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Bombana (Ikapermab) Cabang Yogyakarta menampilkan Tari Lumense di Yogyakarta, Minggu 8 Maret 2020.

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Bombana (Ikapermab) Cabang Yogyakarta menampilkan Tari Lumense pada pelantikan pengurus periode 2020 – 2021 di Yogyakarta, Minggu 8 Maret 2020.

Tarian tersebut dibawakan enam mahasiswi anggota Ikapermab yakni, Qisthy, Fifin, Wiwik, Rikat, Irawati dan Melati.

Tari Lumense merupakan tarian khas Tokotu’a, Pulau Kabaena, Kabupaten  Bombana. Kata lumense sendiri berasal dari bahasa Kabaena yakni lumee yang berarti mengais dan e’ense yang berarti loncat.

Ketua Panitia, Ardian mengungkapkan, pementasan tarian itu bertujuan memperkenalkan kekayaan budaya Bombana, ke mahasiswa dari berbagai daerah yang ada di Yogyakarta.

Meski sempat terkendala kostum penari lumense yang tidak tersedia di Kota Yogyakarta, namun hal itu tidak mengurangi semangat untuk tetap mementaskan tarian tersebut, dengan iringan gendang.

“Kami mahasiswa Bombana antusias memperkenalkan kebudayaan daerah. Jadi kostum penari dikirim langsung dari Bombana,” kata Ardian via WhatsApp, Senin 9 Maret 2020.

Ardian berharap pemerintah mensupport semangat mahasiswa Bombana yang ada di Yogyakarta, untuk memperkenalkan kebudayaan khas daerah kepada publik.

“Saya berharap kedepannya tarian lumense tetap terjaga kelestariannya di tengah derasnya perkembangan teknologi di era globalisasi,” ungkapnya.

You cannot copy content of this page