NEWS

Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Resmi Mengaspal di Sultra

1332
×

Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Resmi Mengaspal di Sultra

Sebarkan artikel ini
Motor listrik Gesits. Foto: gesits.co.id

Redaksi

KENDARI – PT Wika Industri Manufaktur bakal meresmikan dimulainya penggunaan motor listrik berbasis baterai di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Peresmian ini merupakan bentuk dukungan atas peraturan presiden nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

Modal trasportasi baru ini akan dilaunching Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Bapak H. Ali Mazi, S.H pada Sabtu 27 Februari 2021.

PT Wika Industri Manufaktur selaku manufaktur dan principal motor listrik GESITS dalam keterangan persnya menjelaskan, program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ini adalah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Dengan mengurangi ketergantungan impor BBM, yang akan berdampak positif dalam mengurangi tekanan pada neraca pembayaran akibat impor BBM, terwujudnya kualitas energi bersih dan ramah lingkungan serta komitmen indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca.

GESITS siap mendukung kebijakan Pemprov Sultra dalam hal percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk moda transportasi dengan kualitas energi bersih dan ramah lingkungan serta efisiensi Energi.

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur [WIMA], Muhammad Samyarto juga optimistis bahwasanya sosialisasi motor listrik GESITS di Sultra adalah momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa.

Sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat tidak hanya Sultra khususnya, tetapi juga Indonesia Timur untuk mendorong perubahan mindset dan perilaku berkendara ramah lingkungan.

“GESITS siap mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengimplementasikan program renewable energy,” terang Samyarto.

Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan Provinsi Sultra dan PLN, GESITS, kata Samyarto, optimistis dapat bekerja sama dalam membangun infrastruktur, termasuk melakukan sosialisasi penggunaan motor listrik di Sultra.

“Sebuah hari yang membahagiakan bagi Sultra dan GESITS. Pada hari Sabtu ini, kita semua telah mengawali sebuah langkah besar dalam perjalanan sejarah industri otomotif nasional untuk bersiap dalam menghadirkan kendaraan listrik roda dua berteknologi masa depan, dan saat ini telah hadir Dealer GESITS di Kota Kendari, dan akan di susul di daerah lain di Provinsi Sultra,” tegas Samyarto

Samyarto menuturkan, dirinya menggarisbawahi bahwa dalam konteks mendekatkan motor listrik kebanggaan Indonesia ke seluruh penjuru tanah air, saat ini motor listrik GESITS telah hadir dan dapat dipesan melalui E-Katalog, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Produk Motor Listrik GESITS ini telah menggunakan komponen Part dalam negeri sebesar 85% sehingga untuk ketersedian Spare Part cukup terjamin. Dan Untuk Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 46,73%.

“Bahkan tak hanya itu, pada saat yang sama, WIMA saat ini juga tengah membuka kesempatan kerja sama untuk menjadi mitra dealer di seluruh Indonesia,” jelas Samyarto.

Dijelaskannya, GESITS adalah salah satu bagian dari tanggung jawab dan misi WIMA sebagai perusahaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Sejak awal GESITS didesain bukan hanya sebatas konsep.

“Sudah saatnya Indonesia menunjukkan kemampuan dan kemandirian dalam rancang bangun teknologi kendaraan, khususnya kendaraan roda dua yang saat ini menjadi tulang punggung sarana penggerak ekonomi sebagian besar rakyat Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, GESITS, motor listrik kebanggaan Indonesia telah melalui rangkaian proses riset, tahapan uji coba dan produksi yang konstruktif.

“Dengan bangga kami mempersembahkan GESITS, karya anak bangsa Indonesia pertama yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik,” kata Samyarto.

Motor listrik GESITS, lanjutnya, telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.

Mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin.

Untuk pengechasan baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengechas Hand Phone atau Laptop. Dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Km.

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW, dengan Tenaga sebesar ini GESITS mampu mengangkut 2 penumpang, dan dengan 3 mode berkendara, kecepatan maksimal GESITS dibatasi sampai dengan 70 Km/jam.

Menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya.

Untuk waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km. GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara.

GESITS adalah kolaborasi pemikiran dari anak terbaik bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara, seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, dan PT PLN.

Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemikiran dan karya Indonesia sanggup bersaing dalam kompetisi inovasi dan teknologi tinggi global yang ketat. GESITS yang hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih.

Motor listrik GESITS dengan warranty battery selama 3 tahun, GESITS akan didukung dengan layanan purna jual yang sangat akomodatif dan tersebera di seluruh dealer-dealer GESITS di seluruh Indonesia.

GESITS juga akan bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang tersebar di Indonesia agar akses terhadap suku cadang dan servis menjadi lebih mudah.

Motor listrik GESITS saat ini dapat dibeli melalui Mitra Dealer di berbagai kota di Indonesia, untuk di Kota Kendari kita ada di Jalan Sorumba, Kelurahan Bonggoeye, Kecamatan Wua-wua.

Para peminat GESITS juga dapat melakukan order online via www.gesitsmotors.com atau melalui Online Store seperti Blibli.com dan Tokopedia.com.

GESITS adalah inovasi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami tidak akan pernah berhenti menghadirkan inovasi guna membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

“Harapan kami, GESITS dapat menjadi pionir untuk kendaraan nasional. Mari menjadi awal dari sejarah perjalanan GESITS di Indonesia,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page