NEWS

Kendari Siap Rebut Kembali Gelar Kota Sehat

654
×

Kendari Siap Rebut Kembali Gelar Kota Sehat

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Forum Kota Sehat bakal perjuangkan kembali untuk merebut kembali gelar kota sehat yang pernah dicapai pada tahun 2019 dengan kategori wistara.

Diketahui sebelumnya Kota Kendari gagal masuk nominasi Kota sehat pada tahun 2021. Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Kota Sehat Kota Kendari, Siti Chomzah Asmawa mengatakan saat ini Kota Kendari optimis dapat merebut kembali predikat kota sehat.

“Karena sudah 12 tahun atau enam kali penilaian Kota Kendari selalu mendapatkan predikat Kota Sehat,” ujarnya usai pelantikan dan pengukuhan Tim Pembina dan Forum Kota Sehat Kota Kendari periode 2022-2024, di ruang pola kantor Balai Kota Kendari, pada Sabtu (03/12/2022).

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat yang ada di Kota Kendari dapat diandalkan terlebih lagi Kota Kendari merupakan kota dengan banyak prestasi.

“Kami tentu yakin dan percaya Kota Kendari sebagai kota sehat, dapat lebih mudah kita wujudkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan target tersebut, Ketua PKK kota Kendari ini juga meminta dukungan dan siap berkolaborasi dengan semua pihak utamanya dalam mewujudkan 9 tatanan kota sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Drg Rahminingrum menjelaskan Kota Kendari sudah mendapatkan predikat kota sehat sejak tahun 2011 dengan kategori swasti saba padapa hingga kategori tertinggi swasti saba wistara tahun 2017 dan tahun 2019. Namun sayangnya tahun 2021 Kota Kendari dinyatakan tidak memenuhi syarat, sehingga tidak mengikuti penilaian kota sehat.

“Tujuan utama dari program kota sehat tidak hanya terletak pada diterima atau tidak diterimanya penghargaan, penyelenggaraan kota sehat bukan hanya menitikberatkan pada hasil atau target indikator pencapaian semata namun proses yang dijalankan secara terus menerus yang dimulai dari kegiatan prioritas bisa menumbuhkan energi positif,” jelasnya.

Untuk diketahui, penilaian kota sehat meliputi sembilan tatanan dengan 312 indikator, terdiri dari 77 indikator pokok dan 235 indikator pendukung. Untuk bisa meraih kategori swaba wistara Kota Kendari harus memenuhi minimal 90 persen kategori yang telah ditetapkan.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page