oleh

Kepala BPS Buton: Angka Kemiskinan Masyarakat Menurun Karena ADD

PASARWAJO – Dalam mendukung analisis pembangunan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), akan meningkatkan peran Statistik di tahun 2018 ini.

Kepala BPS Kabupaten Buton, La Ode Haris Sumba mangatakan, angka kemiskinan masyarakat selama tahun 2014 menurun lebih baik hingga tahun 2017.

“Semenjak tahun 2014 hingga berjalan tahun 2017, angka kemiskinan pada masyarakat Kabupaten Buton menurun dan lebih baik dibanding angka kemiskinan pada tahun di 2012-2013,” ujar Haris di ruangannya, Selasa (9/1/18).

Dalam waktu yang sama, Haris juga menambahkan, salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Buton yaitu adanya pembangunan desa dari Angaran Dana Desa (ADD).

“Memang tidak bisa kita pungkiri, dengan adanya ADD yang dikucurkan, sangat membantu masyarakat. Karena bisa membangun desanya dengan mandiri, artinya masyarakat desa tersebut juga yang kerjakan, sehingga bisa menjadi pendapatan tersendiri untuk masayarakat desa tersebut,” katanya.

Pada Februari tahun 2018 mendatang, beberapa anggota BPS akan diberangkatkan ke Kota Kendari dalam rangka mengikuti pelatihan Statistik Provinsi Sultra.

“Kami dari BPS Buton, akan memberangkatkan beberapa anggota ke BPS Provinsi untuk mengikuti pelatihan statistik dibidang ketenagakerjaan. Itu untuk meningkatkan kinerja anggota BPS Buton dalam menciptakan BPS yang profesional, akurat dan terpecaya,” tutupnya.

Reporter: Mualim
Editor: Kardin

Terkini