NEWS

Kepton Kian Dekat Mekar Jadi Provinsi Baru di Indonesia Bersama Sejumlah Daerah Lainnya

1241
×

Kepton Kian Dekat Mekar Jadi Provinsi Baru di Indonesia Bersama Sejumlah Daerah Lainnya

Sebarkan artikel ini

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Sejumlah wilayah di negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dikabar kian dekat mekar menjadi provinsi baru. Beberapa daerah itu salah satu diantaranya adalah wilayah Kepulauan Buton (Kepton) yang saat ini masuk dalam provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dikutip dari NKRIPost.com, Kepton dikabarkan akan menjadi provinsi sendiri bersama Wilayah Tapanuli Utara, dengan luas wilayah mencapai 11.960 km persegi dan jumlah penduduk mencapai 1,2 juta jiwa pada tahun 2020, berpotensi untuk menjadi provinsi baru dengan dukungan dari Bupati setempat.

Kepulauan Nias juga berpotensi untuk memiliki lima kabupaten, dengan luas wilayah mencapai 5.574 km persegi dan jumlah penduduk sebanyak 831.940 jiwa pada tahun 2022.

Provinsi Madura di Jawa Timur juga berpotensi memisahkan diri dan membentuk provinsi baru sendiri, dengan empat kabupaten, luas wilayah 5.166 km persegi, dan jumlah penduduk sebanyak 1.990.000 jiwa pada tahun 2022.

Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, dengan nilai skor teknis yang tinggi, terkategori sangat mampu melaksanakan pembangunan daerah dan berpotensi memisahkan diri dan membentuk provinsi baru.

Wilayah Kapuas Raya di Kalimantan Barat dan Kotawaringin Raya di Kalimantan Tengah juga berpotensi memisahkan diri dan membentuk provinsi baru.

Setelah hampir 20 tahun perjuangan, provinsi baru Sulawesi Timur akan terbentuk, dan beberapa wilayah seperti Poso, Luwu Raya dan Bolang Mongondow Raya juga ingin memisahkan diri dan membentuk provinsi baru.

Wilayah-wilayah di seluruh Indonesia yang berpotensi menjadi provinsi baru atau memisahkan diri dari provinsi yang ada telah teridentifikasi, dan akan menjadi kabar baik bagi masyarakat di daerah tersebut.

Dengan semakin banyaknya potensi wilayah yang berpotensi jadi provinsi baru ini, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. (Adm).

You cannot copy content of this page