RS Siloam Buton Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut

Reporter : Ardilan

Editor : Kang Upi

BAUBAU – Rumah Sakit (RS) Siloam Buton Sulawesi Tenggara (Sultra) mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta menyarankan pencegahan sebagai cara terbaik untuk menjaga dua organ vital tersebut.
Drg. Rian Hermawan mengatakan, permasalahan kesehatan pada gigi dan mulut yang sering dialami yakni karies dan pulpitis.

“Karies gigi adalah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Ini disebabkan sakit karena rangsangan. Sedangkan pulpitis adalah peradangan pada pulpa atau biasanya sakitnya spontan dirasa,” ungkap Rian saat membawa materi dalam media gathering disalah satu tempat di Baubau, Sabtu malam (9/12/2018).

Dipaparkannya, berdasarkan data, dari 57,9 % penduduk Indonesia yang mengaku mengalami masalah gigi dan mulut hanya sejumlah 30,2 % yang mendapat pelayanan dari tenaga medis.

Untuk pencegahan, Rian menyarankan agar sering menggosok gigi setiap hari. Menurut dia, jadwal yang tepat menggosok gigi ialah di waktu pagi setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur.

“Hal lain yang diperhatikan dalam merawat kebersihan gigi dan mulut juga adalah pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat. Upayakan memakai sikat gigi yang bulunya keras dan pasta gigi yang busanya tidak terlalu banyak,” ujarnya.

“Karena kalau terlalu banyak busanya itu tandanya pasta gigi yang dipakai banyak kandungan deterjennya. Dan kalau kita gunakan yang banyak deterjennya lama kelamaan juga bisa berefek tidak bagus untuk gigi. Nantinya bisa membuat Ph turun dan virus akan berkembang biak,” sambungnya.

Untuk penanganan pasien yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, sejauh ini pihak RS Siloam cukup banyak memberikan pelayanan.

“Kita melayani baik pasien umum maupun pasien yang menggunakan BPJS,” tambahnya. (b)

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: