BUTON UTARAFEATUREDKendariMETRO KOTASULTRA

Kesiapan Pelaksaan MTQ Sultra Capai 95 Persen

365
×

Kesiapan Pelaksaan MTQ Sultra Capai 95 Persen

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Pelaksaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sultra bakal dihelat di Kabupaten Buton Utara (Butur) pada 20 Maret 2018 dan akan dibuka langsung Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi.

MTQ tersebut akan dilaksanakan selama 11 hari sejak pembukaan hingga penutupan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur mengaku telah melakukan berbagai persiapan jelang MTQ tingat provinsi itu.

Bupati Butur, Abu Hasan membeberkan persentase persiapan telah mencapai 95 persen untuk sarana dan prasarana dengan kucuran anggaran Rp 17 miliar.

Sementara Pemprov Sultra hanya memberikan bantuan sebesar Rp 300 juta untuk penyelengaaran MTQ tersebut.

“Kesiapan kita itu sudah mencapai 95 persen untuk semuanya,” ucapnya saat ditemui dalam kapal penyebrangan Konsel-Butur, pada Rabu kemarin (28/02/2018).

Mantan Karo Humas Setda Sultra ini membeberkan, peserta ditargetkan sebanyak 5 ribu orang dari 16 kabupaten/kota se-Sultra.

Katanya, yang berat dalam pelaksanaan itu adalah tanggung jawab Pemda Butur. Penginapan dan hotel juga yang tersedia sangat terbatas.

“Karena kita kan daerah baru yang hotelnya tidak sebanyak hotel di Kota Kendari,” terangnya.

“Untuk itu, sarana dan prasarana yang pertama kali harus disiapkan adalah tempat penginapan kafilah, sementara yang kedua adalah tempat penyelenggaraan lomba dan yang ketiga arena utama. Nah, terkait dengan penginapan kafilah sudah kami antisipasi dengan rumah-rumah warga yang layak untuk dihuni,” sambungnya.

Abu Hasan telah memanggil pemilik rumah dan pemilik hotel untuk memastikan kesiapannya menampung kafilah selama pelaksanaan MTQ.

Terkait arena, Pemda Butur menyediakan 11 arena, diantaranya adalah masjid-masjid yang ada dalam Kota Ereke, Lipu sampai Kelurahan Lemo dan eks sarana olahraga yang digunakan saat Pekan Olahraga Provinsi beberapa tahun lalu.

Kemudian juga ada beberapa aula kantor organisasi perangkat daerah yang memang layak untuk dijadikan arena.

“Sementara saat ini yang tengah digenjot adalah proses finishing pembangunan Masjid Raya Butur karena selama ini belum punya masjid raya,” Ketua DPC PDIP ini.

Reporter : Rahmat R

You cannot copy content of this page