oleh

Ketua DPRD Konkep Janji Realisasikan Pembangunan SMA Mosolo

-NEWS-110 dibaca

Reporter : Ajad Sudrajad/Editor : Indah

LANGARA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), turun gunung menyerap aspirasi konstituen di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing pada masa reses II, sejak pekan lalu.  Salah satu persoalan yang terkuak pada reses yang bertempat di Balai Desa Sinar Mosolo Kecamatan wawonii Tenggara, Selasa 9 Juni 2020, yakni belum adanya Sekolah Menangah Atas (SMA) di wilayah tersebut.

Salah satu tokoh masyarakat Sinar Mosolo, Kalianga mengatakan, saat ini warga Desa Sinar Mosolo mengharapkan adanya pembangunan SMA di wilayah Mosolo Raya. Sebab, hingga sampai saat ini belum ada SMA di wilayah tersebut.

“Selama ini anak-anak kami bersekolah di SMAN 1 Wawonii Tenggara, tepatnya berada di Desa Roko-roko. Jarak tempuh menuju sekolah sangat jauh dan sulit, karena harus melalui beberapa gunung yang sangat terjal dan tinggi. Kami harapkan, aspirasi kami bisa direalisasikan pak Ishak, mengingat bapak adalah Ketua DPRD Konkep. Saya kira, kalau sudah pak ketua yang bicara, Insya Allah bisa terealisasi,” katanya.

Hal senada disampaikan salah seorang perwakilan mahasiswa asal Mosolo, Jubirman. Katanya, dewan Konkep harus mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat terkait pembangunan SMA di Mosolo. Sebab, sarana pendidikan sangat krusial diadakan di suatu wilayah, untuk mewujudkan generasi bangsa yang cerdas.

“Meskipun pembangunan SMA merupakan kewenangan provinsi, tapi kami berharap DPRD Konkep dapat memperjuangkannya dengan membangun komunikasi bersama Pemda Konkep, Pemprov Sultra dan DPRD Provinsi,” ujarnya.

Menanggapi aspirasi warganya, Pj. Kades Sinar Mosolo, Bisman Abdullah mengatakan, kegiatan reses merupakan ruang untuk menyalurkan aspirasi warga kepada perwakilannya yang saat ini duduk di parlemen. Sehingga warga Sinar Mosolo dapat menyampaikan secara langsung kepada anggota dewan yang juga Ketua DPRD Konkep, Ishak, terkait aspirasinya. Tentu, kata dia, dengan harapan, aspirasi tersebut dapat direasasikan oleh Pemda Konkep. 

“Inilah yang menjadi ruang warga untuk menyampaikan aspirasi. Jadi sampaikan saja apa yang ingin disuarakan melalui reses ini,” jelasnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua DPRD Konkep Ishak, berjanji, akan memperjuangkan aspirasi konstituen di Dapilnya di Dewan Konkep dan dewan provinsi.

“Saat ini ada pak Rifki Saifullah Razak selaku perwakilan kita yang duduk di DPRD Provinsi yang juga merupakan putra daerah Konkep. Insyaa Allah, kami akan berupaya semaksimal mungkin, menyerap dan mewujudkan harapan dan tuntutan masyarakat Mosolo, baik itu berupa pembangunan SMA, jalan produksi tani, tanggul pantai, dan rehab Polindes,” tandasnya.

Terkini