Ketua Tim Rosy Nilai Survey IB di Baubau Hanya Penggiringan Opini

BAUBAU – Hasil dua survey berbeda menunjukkan hasil berbeda survey elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2018 – 2023.

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Roslina Rahim – La Ode Yasin (Rossy) berdasarkan hasil survey merasa unggul dibanding empat paslon lainnya.

“Kami unggul 14 persen dari paslon nomor 2 atau Pak AS Tamrin – La Ode Monianse (Tampil Manis). Tapi kami belum bisa sebutkan lembaga surveynya karena itu bukan konsumsi publik,” tegas ketua tim pemenangan Rossy, La Ode Zainal Aslan, Minggu malam (17/6/2018).

Menurut dia, hasil survey yang sebelumnya dikeluarkan Indo Barometer yang menyatakan paslon Tampil Manis unggul dari kandidat lain tidak logis.

“Ini hanya penggiringan opini agar masyarakat tidak memilih paslon lain,” ujarnya.

Dia menganggap hasil survey tersebut dimainkan oleh paslon nomor dua karena hasil survey Tampil Manis menurun atau terjun bebas kebawah.

“Dari tingkat kepuasan kinerja, hanya pejabat lingkup Pemerintahan pak Tamrin saja yang merasa puas. Tetapi tidak menyetuh ke masyarakat umum,” bebernya.

Yang membuat pihaknya optimis, lanjut Abah (Sapaan akrab La Ode Zainal Aslan) ialah Visi misi Rossy yang luarbiasa.

“Tim rossy besar dari awal sampai sekarang. Walaupun ada yang keluar tidak lebih dari 5 orang. Sedang yang bergabung lebih dari 200 orang,” tandasnya.

Terpisah, Indo Barometer (IB) justru merilis hasil berbeda tentang survey elektabiltas paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Hasil survey IB menunjukkan paslon Tampil Manis unggul jauh ketimbang kandidat lainnya.

Menggunakan simulasi surat suara Tampil Manis mencapai angka 54,0 persen. Kemudian Paslon nomor urut 1 Rossy memperoleh 19,1 persen, Paslon nomor 3 Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail sebesar 4,5 persen, Paslon nomor 4 Yusran Fahim-Ahmad meraih 11,4 persen dan Paslon nomor urut 5 Ibrahim Marsela-Ilyas sebanyak 5,4 persen.

Paslon Tampil Manis juga unggul popularitas dalam survey pilihan paslon menggunakan pertanyaan terbuka atau pertanyaan tanpa menyodorkan nama ke responden dengan perolehan dukungan 44,1 persen.

Salah seorang Direktur Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan pihaknya melakukan survey dari tanggal 1-7 Juni 2018 dengan sampel 404 responden yang memiliki hak pilih dan tersebar di delapan kecamatan se-Kota Baubau. Dengan jumlah Margin of eror sebesar 4,87 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Wawancara tatap muka dengan koresponden menggunakan kuesioner menjadi cara kami dalam mengumpulkan data. Dengan menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling,” jelasnya.

Tinggi hasil survey Tampil Manis, kata dia, karena tingginya kepuasan publik terhadap kinerja AS Tamrin saat menjabat Wali Kota Baubau.

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pak Tamrin mencapai 74,5 persen. Sedangkan yang tidak puas 25,0 persen dan 0,5 persen tidak tahu atau tidak menjawab. 63,1 persen dari hasil survey menginginkan kembali pak Tamrin sebagai Wali Kota,” pungkasnya.

Reporter : Ardilan

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total