oleh

Ketua TP-PKK Konsel Kukuhkan Kelompok Nelayan di Desa Torobulu

ANDOOLO РLima kelompok nelayan di Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan, pada Jumat (26/10/2018). Pengukuhan ini dilakukan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin, di Desa Torobulu Kecamatan Laeya.

Hj.Nurlin Surunuddin berharap, dengan pengukuhan kelompok nelayan kiranya dapat mengawasi wilayah pesisir dari praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Selain itu, kelompok nelayan ini harus selalu bersama-sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel untuk menjaga kelestarian sumber daya alam kelautan, sehingga para nelayan dapat mencari nafkah di wilayah itu secara berkelanjutan.

“Pembentukan dan pengukuhan pengurus Kelompok Nelayan didominasi kaum perempuan di Desa Torobulu ini bertujuan agar pendapatan keluarga dapat meningkat seiring perkembangan zaman dan karena makin meningkatnya kebutuhan ekonomi keluarga,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya juga akan melibatkan kelompok nelayan ini pada setiap kegiatan PKK, termasuk memberikan pelatihan agar kaum perempuan nelayan ini bisa memiliki keahlian lebih, dalam mengembangkan hasil-hasil olahan ikan tangkapan suami mereka yang tentu di harapkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Kita juga akan laporkan ke Bupati agar memerintahkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut membantu dalam bentuk realiasi program kerja yang menyentuh langsung nelayan, utamanya sisi permodalan dan memastikan pangsa pasar dari hasil produksi pengolahan ikan nantinya,” tambahnya.

Kata dia, selaku ketua TP- PKK Konsel dirinya akan memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan komunitas nelayan agar terus hidup dan berkembang dengan melakukan pembinaan dan promosi secara kontinue dan mensinergikan program kerja PKK dengan instansi yang ada di Konsel.

“Sehingga nantinya dapat melahirkan wanita nelayan yang tangguh, kreatif, inovatif yang tentu dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan Konsel pada umumnya, dan Desa Torobulu pada khususnya, terlebih harus sejalan dengan program Desa Maju Konsel Hebat,” tutupnya. (b)


Reporter : Erlin


Terkini