oleh

KM Merak Tujuan Siwa Tunda Keberangkatan Akibat Cuaca Buruk

-NEWS-46 dibaca

Reporter : Pendi

KOLAKA UTARA – Akibat cuaca buruk, Kapal Motor (KM) Merak batal memberangkatkan penumpang dari Pelabuhan Tobaku, di Kecamatan Katoi, Kolaka Utara (Kolut) menuju Pelabuhan Siwa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kapten KM Merak, Ardiansyah menjelaskan, pebatalan keberangkatan KM tersebut dilakukan karena cuaca buruk dan kondisi ombak besar disertai angin kencang.

KM Merak sendiri sedianya berangkat Pukul 16.30 WITA dengan memuat 18 penumpang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 2 perempuan. Turut dimuat juga 3 mobil serta 12 motor.

“Jadi terpaksa ditunda untuk berlayar menuju Pelabuhan Siwa setelah pihak Syahbandar Kolut menyampaikan kepada saya bahwa kondisi ombak besar,” terang Ardiansyah Senin 22 Februari 2021.

Dijelaskannya, saat sore dimana para penumang mulai naik di kapal ombak belum terlihat besar. Namun menjelasng keberangkatan, kondisi perairan sudah tidak bersahabat.

“Jadi kami tunda untuk berangkat, ini demi keselamatan kami semua dan akan diberangkatkan pada Selasa 23 Februari 2021 sekitar pukul 05.00 WITA,” jelas Ardiansyah.

Salah seorang penumpang, Udin (34) mengaku, penundaan keberangkatan ini sendiri sempat dikeluhkan penumpang karena tidak adanya pengumuman sebelumnya.

Dirinya sendiri baru mendapatkan pengumuman sekitar pukul 19.00 Wita saat sudah berada diatas kapal Bersama penumpang lainya yang naik ke atas kapal sekitar pukul 16.00 Wita.

Meski demikian , penumpang asal Kota Pare-Pare Sulsel ini mengaku jika memaklumi dan menyetujui keputusan penundaan keberangkatan demi keselamatan penumpang.

“Kalau mengenai kerugian ya tentu kami merasa dirugikan karena kami tidak bisa diberangkatkan, namun demi keselamatan kita semua sebagai penumpang ya tidak apalah,” tuturnya. /B

 

Terkini