oleh

Kodim 1417 Kendari Agendakan TMMD di Konawe, Bupati: Saya Sangat Dukung

Reporter : Kardin

Editor : Def

UNAAHA – Guna meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, Kodim 1417 Kendari bakal menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di Kabupaten Konawe pada Februari mendatang.

Komandan Kodim (Dandim) 1417 Kendari, Letkol Corps Penerbang (CPn) Fajar Wijaya menuturkan, TMMD ke 104 akan dilaksanakan di lima desa di Kecamatan Anggotoa, yakni Desa Karandu, Wowaporesa, Wawonario, Nario Indah dan Lahuka, selain itu juga kegiatan TMMD akan diselaraskan dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe.

Baca Juga : TMMD ke 101, Danrem 143/HO: Jangan Sakiti Hati Rakyat

Kata Fajar Wijaya, fokus program Pemda Konawe saat ini yaitu mewujudkan sejuta ton beras dan sapi. Olehnya itu jelasnya, pada TMMD nantinya pihaknya bakal melakukan kegiatan fisik seperti pembangunan jalan tani, itu untuk meringankan biaya produksi para petani.

“Jalan tani ini sepanjang 3 Kilometer dengan lebar 5 meter,” ungkapnya.

Kemudia ada pula pembangunan krikil jalan desa yang bertujuan menunjang mobilitas warga desa untuk mempermudah pergerakan hasil pertanian masyarakat.

Baca Juga : Pembukaan TMMD di Koltim, Bupati : Terimakasih TNI Selalu Mengajarkan Kami Gotong Royong

“Ini panjangnya 7 Kilometer dengan lebar 5 meter,” terangnya.

Terakhir jelas Fajar Wijaya, pihaknya akan melakukan Inseminasi buatan atau memasukan secara sengaja sel sperma ke dalam rahim sapi.

“Kalau sapi bali yang beratnya hanya sekitar 70 Kilogram, kita akan laksanakan inseminasi buatan dengan sapi limosin yang menggabungkan sapi bali dan australia dengan berat antara 500 sampai 700 Kilogram,” urainya.

Selain itu terangnya, dalam pembangunan fisik terdapat pula rehabilitasi rumah ibadah yakni masjid dan gereja.

Tak hanya itu, TMMD juga akan melaksanakan pembangunan non fisik seperti penyuluhan HIV AIDS, mengenai Narkoba, bela negara dan wawasan kebangsaan, Keluarga Berencana (KB), kesehatan serta pertanian dan peternakan.

“Tentunya ini juga termasuk inseminasi buatan,”tutupnyaSementara itu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa sangat mendukung kegiatan TMMD ke 104 guna membantu meringankan beban Pemda Konawe.“Saya sangat dukung itu, jadi semisal bisa menghabiskan anggaran 10 miliar tapi setelah didukung TNI bisa mencapai hanya 2 miliar,” paparnya.Dengan bantuan TMMD dari Kodim 1417 Kendari kata Kery, pihak Pemda melalui anggaran yang ada dapat membangun pula desa lain selain lima desa yanh akan dibangun.“kalau TMMD sebanyak lima desa, kita bisa tambah menjadi 10 desa dengan anggaran yang ada,” tukasnya. (A)


Terkini