oleh

Kolaka Utara Diguncang Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Reporter : Pendi

KOLAKA UTARA – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,7 skala riscter Jum’at malam 27 Agustus 2021.

Berdasarkan analisis BMKG pusat gempa berada di wilayah Lasusua dengan koordinat 3.47 LS,. 120.85 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 15 KM, barat laut Lasusua pada kedalaman 17 kilometer (KM).

Gempa yang melanda Kolut merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di barat laut Lasusua bila dilihat Jenis dan mekanismenya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Seorang Istri di Kolut Ditemukan Meninggal Bersimbah Darah Dalam Kamarnya

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kolaka Utara II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Saat ini anggota BPBD Kolaka Utara sudah stand by di kantor dan selalu memonitor alat pendeteksi gempa bumi yang ada dikantor. Kami imbau kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada dan semoga saja tidak terjadi gempa susulan,” ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Kolut, Ramsah dikonfirmasi via telepon seluler.

Ia mengaku gempa dirasakan sekira pukul 22.00 malam Wita. Saat ini, kata Ramsah, belum ada informasi atau laporan tentang adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut. (b).