BUDAYADaerahKolaka UtaraNEWS

Kolut Gelar Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua

2646
×

Kolut Gelar Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua

Sebarkan artikel ini
Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar,MH (pakai Baju Adat Patowonua), Surahman, S. Ag (Wakil Ketua I DPRD Kolaka Utara), pada saat dijemput untuk memasuki tempat dilaksanakannya Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua. Foto: MEDIAKENDARI.com/Pendi/A

Reporter: Pendi
Editor: La Ode Adnan Irham

LASUSUA – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua, di Islamic Centre Masjid Agung Kolaka Utara, Kamis (24/10/2019).

Bupati Kolut, Drs H Nur Rahman Umar mengatakan, acara itu penting untuk anak cucu kita di masa yang akan datang agar nilai-nilai budaya tertanam sejak dini dan dipahami generasi muda kedepan yang merupakan salah satu ciri khas Kolaka Utara yaitu Budaya Adat Tolaki Patowonua.

Lanjutnya, adat budaya merupakan sebuah tradisi yang dilahirkan para leluhur, khususnya para leluhur Kolaka Utara yang secara turun temurun masih diterapkan. Seminar juga bertujuan menyatukan pokok-pokok pikiran keempat Mokole atau Raja yang pernah ada di Kolaka Utara dan masih memiliki keturunan seperti Mokole Rahambu’u, Waworuo, Watunohu dan Kodeoha.

“Dimana keempat budaya mokole ini telah disepakati menjadi satu bingkai dalam Adat Budaya Tolaki Patowonua Kabupaten Kolaka Utara,” papar Bupati.

Sebelum Adat Budaya Tolaki Patowonua resmi menjadi Adat Budaya Kolaka Utara, terlebih dahulu Baju Adat Patowonua dan Rumah Adat Patowonua ditetapkan, sehingga tidak ada lagi yang akan saling mengklaim dari keempat adat mokole yang pernah ada.

“Sekarang kita sudah memiliki Adat Budaya Tolaki Patowonua dan mari kita jaga bersama dan melestarikannya kepada khususnya generasi-generasi kita agar mengetahui betapa pentingnya nilai-nilai Adat Budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur kita,” tutupnya.

BACA JUGA:

Ketua Panitia Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua, Surahman S.Ag dalam sambutannya mengatakan, suku Tolaki yang mendiami Kolaka Utara sebagai suku pribumi sangat bersyukur kepada Pemerintah Kolaka Utara khususnya Bupati yang turut andil dalam pelaksanaan dan suksesnya acara Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua tersebut.

“Ini merupakan bukanlah akhir dari pada acara yang kita laksanakan, namun masih ada kagiatan-kegiatan yang kita akan lakukan yang Bapak Bupati sangat setujui yaitu menginplementasikan kepada seluruh masyarakat Kolaka Utara tentang Adat Budaya Kolaka Utara yang sudah disepakati dan disetujui dalam rapat atau musyawarah Dewan Adat pada hari Rabu (23/10/2019),” paparnya.

Turut hadir pada acara Seminar Adat Budaya Tolaki Patowonua yang dilaksanakan di Islamic Centre Masjid Agung Kolaka Utara ini adalah Kapolres Kolaka Utara, Kajari Kolaka Utara, Ketua Pengadilan Negeri Lasusua, Ketua Pengadilan Agama Kolaka Utara, para Camat, Kades dan Tokoh-tokoh Tolaki serta Ratusan masyarakat Tolaki dari berbagai Daerah se-Kab. Kolaka Utara. (B)

You cannot copy content of this page