Kolut Miliki Alat Tes Covid-19 Sendiri

Reporter : Pendi
Editor : Ardilan

Kolaka Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) kini telah memiliki laboratorium monokuler dan alat untuk pemeriksaan Covid-19 sendiri yang terbesar di Sulawesi tenggara

melalui Rumah sakit umum daerah (RSUD) Djafar Harun Lasusua, kini telah memiliki laboratorium monokuler dan alat untuk pemeriksaan Covid-19 yang terbesar di Sulawesi tenggara

dr. Syarif Nur, Juru Bicara Gugus Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Kolut mengatakan alat tes milik Covid-19 Kolut mampu memeriksa hingga 96 sampel. Ia mengklaim alat ini lebih besar dibanding yang dimiliki oleh RS Bahteramas Kendari.

“Untuk tenaga medis yang akan mengoperasikan alat tersebut ada empat orang yang sudah pernah kami kirim ke Bahteramas untuk magang atau pelatihan, dan satu orang lagi selaku host traning dari penyedia alat ini,” saat wawancara Sabtu 11 Juli 2020.

Ia mengaku saat ini pihaknya sudah mulai mengoperasionalkan alat tes Covid-19 itu meski belum memiliki ijin operasional langsung dari Balai Badan Kesehatan (Bankes). Kata dia, kevalidan hasil tes dikirim ke RS Bahteramas Kendari.

Ia menerangkan, elain punya kapasitas besar, alat tes Covid-19 ini juga mampu melakukan pemeriksaan dalam jumlah besar serta hasilnya lebih cepat diketahui.

“Masyarakat tidak begitu resah menunggu lama hasilnya yang keluar karena alat ini hanya membutuhkan waktu sekitar enam jam hasilnya kita sudah bisa tahu serta tingkat akurasinya 99 sampai 100%,” ujarnya.

Ia menambahkan dirinya selalu mengimbau warga agar menerapkan protokol kesehatan.

“Rajin cuci tangan ,jaga jarak, dan selalu pakai masker,” tandas Direktur Umum RSUD Djafar Harun itu. (b).

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total