NEWS

Komitmen Penanganan Stunting di Sultra Diapresiasi Kemenko PMK

912

KENDARI, Mediakendari.com – Staf Ahli Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Agus Suprapto memberikan apresiasi terkait Percepatan Penurunan Stunting di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rapat Evaluasi Terpadu Percepatan Penurunan Stunting di Aula Samaturu Kantor Wali Kota Kendari, Kamis 14/9/2023.

Agus menyampaikan bahwa penanganan stunting di Sulawesi Tenggara sudah baik, meskipun ada beberapa poin perlu ditingkatkan. Yakni, perlunya pendampingan kepada para ibu hamil agar rutin memeriksakan kehamilannya.

Terkait pelaksanaan posyandu, diingatkan agar tenaga kesehatan benar-benar melakukan pengukuran yang valid untuk menghindari terjadinya lonjakan angka stunting yang tidak diinginkan.

“Berikutnya, lakukan pemantauan bersama ketersediaan antropometri yang sesuai standar karena ini sudah masuk dalam anggaran,” ujarnya

Lebih lanjut Agus menekankan tiga poin utama penanganan stunting. “Tiga poin fokus penanganan stunting harus sesuai sasaran, yaitu ibu hamil, remaja, dan keluarga. Kedua, konvergensi  di mana penanganan stunting merupakan kerja bersama. Oleh karena itu, kita harus memastikan anggaran yang tersedia benar-benar sampai di tingkat desa untuk tercapainya target nasional 14 persen.”

“Ketiga, budayakan target 14 persen ini bukan berarti berhenti sampai di situ, tetapi kita harus budayakan penanganan stunting ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Sultra, La Ode Saifuddin menyatakan bahwa  capaian penurunan stunting di Sultra tahun 2022 berada di atas nasional yakni 27,7 persen. Angka ini mengalami penurunan 2,5 persen di mana tahun 2021 sebesar 30,2 persen. “Tugas kita masih besar,” ujarnya.

Dikatakan bahwa kendala utama penanganan  stunting di Sulawesi Tenggara disebabkan  kondisi geografis. Dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, terdapat sembilan Kabupaten yang merupakan kepulauan. Menggerakkan sosialisasi dan pelayanan KB ke sana  memerlukan biaya yang besar.

Ia juga menyatakan belum optimalnya sosialisasi pra nikah kepada remaja dan usia sekolah serta perilaku hidup bersih dan sehat, juga pemahaman tentang asupan Gizi, menjadi kendala penanganan stunting di Sultra.

Dirinya menyebut, enam poin arahan terkait percepatan penurunan stunting di Sultra yakni peningkatan komitmen kepala daerah, Bappeda dan BKKBN perlu memperkuat pembinaan di tingkat daerah, pelibatan dan kerja kolaboratif di seluruh tingkatan wilayah, meningkatkan kualitas perencanaan, pemantauan dan evaluasi.

Termasuk memaksimalkan komunikasi perubahan perilaku, penguatan dan tersedianya  data yang valid, dan keterlibatan nedia dalam melakukan publikasi terkait percepatan penurunan stunting.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version