HEADLINE NEWSKONAWE SELATANNEWSSULTRA

Konsel Raih Opini WTP Untuk Ketiga Kalinya

851
×

Konsel Raih Opini WTP Untuk Ketiga Kalinya

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM didampingi Ketua DPRD, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.S saat menerima penghargaan Opini WTP. (Foto : Istimewa)

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Raihan ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah pada tahun 2017 dan 2018 Pemda Konsel juga meraih opini WTP dari BPK RI.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM didampingi Ketua DPRD, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 di Kantor BPK RI Perwakilan Prov Sultra, Jum’at (24/5/2019).

Atas raihan ini, Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kinerja OPD serta dukungan legislatif dan masyarakat yang mendorong tata kelola pemerintahan dan keuangan yang baik.

“Bangga sekaligus senang karena tahun ini kita masih bisa pertahankan prestasi yang telah kita raih sebelumnya, atas kinerja positif terkait tatakelola keuangan pemerintahan kita yang dinilai sangat baik oleh BPK dengan mengganjar berupa predikat Opini WTP,” kata Surunuddin.

Ia berjanji, kedepan akan terus dipertahankan dan tingkatkan raihan ini dengan terus mendorong tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan.

“Ini demi mewujudkan Pemerintah yang terbuka dan bersih untuk peningkatan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu dalam keterangan persnya, Kepala BPK Sultra, Hermanto, mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan pada 10 daerah karena LKPDnya telah dilaksanakan sesuai kaidah waktu yang ditetapkan, dan melewati tahapan pemeriksaan.

Untuk tahapan yang dimaksud, kata Hermanto, yakni perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan LKPD, pelaksanaan pemeriksaan terinci LKPD, penyusunan LHP atas pemeriksaan LKPD, dan terakhir penyerahan LHP LKPD.

Menurutnya, ada tiga dokumen diserahkan yakni LHP atas laporan keuangan, LHP sistem pengendalian intern, dan LHP atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.


“Selamat atas prestasinya, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, khususnya saat tim melakukan pemeriksaan di daerah, dan apresiasi atas LKPD yang berjalan sesuai aturan perundang-perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Ia juga berharap, tata kelola pemerintahan makin baik dari tahun ketahun, dengan selalu melihat dan memperbaiki setiap catatan yang kami sampaikan.

Selain Konsel, daerah yang turut meraih opini WTP yakni Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Buton Tengah, Buton, Bombana, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe Utara dan Kabupaten Wakatobi. (A)

You cannot copy content of this page