NEWS

Kontes Cat Show, Kucing Dapatkan Vaksin Rabies dan Pemberian Obat Cacing

1013
×

Kontes Cat Show, Kucing Dapatkan Vaksin Rabies dan Pemberian Obat Cacing

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Cat Lovers Ikuti Kontes Cat Show Distanak Sultra Memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Sultra, Minggu, 21 Mei 2023.

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sultra menggelar Kontes Cat Show di halaman Kantor Distanak Sultra, Minggu 21 Mei 2023.

Kontes cat show perdana yang dilakukan di Sultra ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59 yang akan menjadi agenda rutin tahunan disetiap kegiatan HUT Sultra selanjutnya.

Selain kontes yang digelar, acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian Vaksinasi Rabies dan Pemberian obat cacing secara gratis kepada peserta.

“Peserta antusiasnya luar biasa, pendaftar juga banyak, tapi kami hanya membatasi sebanyak 100 peserta, mengingat waktu dan panitia yang terbatas” kata Kepala Distanak Sultra, La Ode Rusdin Jaya.

Kontes ini berdasarkan 2 kategori lomba, yakni fashion show dan lomba beri makan kucing, tentu dengan kriteria penilaian yang ketat.

“Dinilai dari kesehatan kucing, keunikannya, atraksinya, dan keserasian pakaiannya itu kriteria utama, tentu banyak hal yang perlu kita nilai” ucap Rusdin.

Menurut Rusdin, tujuan digelar kontes ini sebagai ajang silaturrahmi dengan para pecinta hewan khususnya kucing di Sultra.

“Selain itu, kita juga memperkenalkan pada masyarakat stop kekerasan pada hewan, dan yang terpenting mencegah terjadinya penyebaran penyakit kucing, sehingga acara ini dirangkaikan dengan pemberian vaksin rabies dan obat cacing” tambahnya.

Terkait vaksin rabies dan pemberian obat cacing kepada kucing, Ketua PDHI Sultra, drh. Putu Nara Sanjaya menjelaskan kriteria kucing yang dapat menerima vaksin tersebut.

“Kucing minimal berumur 2 bulan, tentu dengan kondisi tubuh yang sehat dan sedang tidak bunting atau hamil, kalau kucing dengan kondisi tidak sehat kami akan alihkan langsung ke lab untuk penanganan lebih lanjut” jelas Putu Nara.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan pengutamaan vaksinasi rabies sekaligus pemberian obat cacing ini karena melihat status di Sultra belum bebas dari rabies, serta pemberian obat cacing atau infeksi parasit paling sering terjadi pada kucing yang mengakibatkan penurunan berat badan.

Tiga hewan penular rabies yaitu monyet, anjing dan kucing, sehingga 3 hewan ini menjadi prioritas vaksin rabies dan pemberian obat cacing setiap tahunnya.

“Penularan ini dari gigitan hewan yang pastinya akan menyisakan air liurnya, inilah yang perlu diantisipasi untuk melakukan vaksin ataupun obat, karena akan berbahaya bagi pemilik ataupun hewan itu” tegasnya.

Sebagai informasi, penanganan awal jika tergigit oleh hewan pembawa rabies menurut drh. Putu Nara, yaitu lakukan pembersihan luka di air yang mengalir menggunakan sabun selama 15 menit, setelah itu bersihkan dengan antiseptik dan segera ke rumah sakit/puskesmas terdekat untuk melakukan vaksin anti rabies.

Bagi para pemenang kontes ini akan mendapatkan, Piala Bergilir serta Sertifikat Gubernur Sultra, dan kedepannya Pihak Distanak Sultra berencana untuk menggelar Kontes Dog Show untuk para dog lovers di Sultra.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page