NEWS

Kota Baubau Terima 3.240 Vial Vaksin Covid-19

391
×

Kota Baubau Terima 3.240 Vial Vaksin Covid-19

Sebarkan artikel ini
Salah satu petugas Dinas Kesehatan Baubau menunjukkan Vaksin Covid-19 yang tersimpan aman didalam box pendingin. Foto: Adhil/mediakendari.com

Reporter: Adhil

BAUBAU – Sebanyak 3.240 vial vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara tiba di Kota Baubau pada Rabu malam, 27 Januari 2021 sekitar pukul 20.00 Wita.

Vaksin jenis Sinovac tersebut tiba di Kota Baubau dengan pengawalan ketat tim gabungan dari BPBD, Satpol PP, TNI, Polri, dan Gugus Tugas Covid-19 Baubau.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, La Ode Kasim mengatakan, untuk tahap awal vaksinasi, difokuskan untuk 1.600 tenaga kesehatan yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit yang ada dinkota tersebut.

Untuk proses pendistribusiannya masih menunggu arahan dari Pemerintah Kota Baubau. Namun jadwal proses penyaluran vaksin ke setiap puskesmas dan rumah sakit diperkirakan Februari mendatang.

“Intinya satu hari sebelum vaksinasi baru kita distribusikan. Sasarannya itu 1.600 nakes. Untuk sisa vaksin yang belum digunakan, kita akan simpan dulu ditempat yang aman sembari menunggu perintah selanjutnya untuk vaksinasi tahap dua. Berdasarkan informasi, untuk tahap kedua nanti sejumlah pegawai yang kerjanya bersentuhan langsung dengan masyarakat yang kita prioritaskan,” terang La Ode Kasim.

Lebih lanjut diungkapkannya, ada beberapa kriteria seseorang tidak bisa divaksin. Pertama mereka yang memiliki penyakit bawaan seperti hipertensi dan jantung serta lanjut usia yang rentang akan penyakit.

“Yang pasti, sebelum divaksin, kita akan periksa dulu kesehatannya. Kalau kondisi tubuhnya baik, baru kita vaksin kalaupun tidak, itu kita tidak anjurkan. Kemudian, nanti kita juga siapkan petugas yang siaga memeriksa kondisi mereka yang sudah di vaksin. Kita berharap, semoga proses vaksinasinya berjalan dengan aman dan lancar,” tutup Kasim. (b)

You cannot copy content of this page