PERISTIWA

Kota Kendari Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkuatan M = 3.6

431
×

Kota Kendari Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkuatan M = 3.6

Sebarkan artikel ini
BMKG ShakeMap

Reporter : Hendrik B

Editor : Def

KENDARI – Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan M = 3.6 Skala Richter, pada Rabu (27/2/2019), sekitar pukul 17:19:59 wita, wilayah barat daya Kendari – Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi dengan kekuatan M = 3.6 Skala Richter dan episenter pada koordinat 4.09 Lintang Selatan (LS) – 122.61 Bujur Timur (BT) tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15.3 Kilo Meter (Km) arah Barat Daya Kendari – Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan kedalaman 9.5 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Barat daya Kendari. Guncangan gempabumi ini dilaporkan terasa di Kota Kendari II-III MMI,” ucap Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, melalui rilisnya yang di terima Mediakendari.com, Rabu (27/02/2019).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 18:11 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” himbaunya. (B)


You cannot copy content of this page