NEWS

KPU Konawe Laksanakan Coklit Data Pemilih, Petugas Pantarlih Bakal Datangi Rumah Warga

894

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Konawe mengimbau masyarakat sukseskan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak.

Ketua KPU Konawe, Muhammad Aswar mengatakan, pihaknya akan melaksanakan Coklit serentak di masing-masing desa/kelurahan yang tersebar di 28 kecamatan se Kabupaten Konawe.

Pelaksanaan Coklit serentak itu akan mulai berlangsung 12 Februari 2023 sampai 14 Maret 2023.

“Tahapan ini atau Gerakan coklit ini adalah salah satu dari proses penyusunan daftar pemilih. Gerakan coklit serentak ini akan dilakukan dengan melibatkan seluruh Pantarlih di Kabupaten Konawe dan masyarakat,” kata Aswar, Sabtu (11/2/2023).

Ia menyebut, KPU Konawe beserta jajarannya juga akan melakukan supervisi di seluruh kecamatan. Dalam proses coklit ini, kata dia, Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) akan mendatangi satu per satu rumah warga.

“Pantarlih akan mencocokkan data pemilih, mendata masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, namun belum tercatat dalam Formulir A-Daftar Pemilih. Serta mencoret pemilih jika ditemukan tidak memenuhi syarat,” tambahnya.

Dengan demikian, lanjut Aswar, KPU Konawe meminta masyarakat untuk bersiap dan turut ikut serta dalam kelancaran seluruh tahapan coklit ini.

Salah satunya dengan menerima Pantarlih dengan baik. Pasalnya, coklit ini bertujuan untuk memastikan data pemilih lebih baik kedepannya.

Terkait dengan coklit ini, masyarakat dapat membantu memberikan informasi yang benar terkait identitas kependudukan, antara lain:

1. Kartu identitas diri atau e-KTP
2. Kartu Keluarga
3. Dan data lainnya.

Dalam proses kegiatan ini pendataan dan coklit sesuai dokumen kependudukan yang dimiliki oleh masyarakat dan kemudian ditunjukkan pada pantarlih.

“Selain itu pantarlih akan menempelkan stiker di setiap rumah sebagai bukti sudah dilakukan coklit. Dan juga akan diberikan form, tanda bukti nama nama anggota keluarga yg telah memenuhi syarat untuk didaftarkan sebagai pemilih,” ujarnya.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Konawe untuk bersama sama mensukseskan tahapan penyusunan daftar pemilih sampai pemilih di Kabupaten Konawe benar-benar akurat,” pungkasnya

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version