HEADLINE NEWSKONAWE SELATANSULTRA

KPU Konsel Simulasikan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019

439
×

KPU Konsel Simulasikan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019

Sebarkan artikel ini
Suasana simulasi pemungutan dan perhitungan Suara.

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

PALANGGA SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus memantapkan persiapan pelaksanaan Pemilu 2019. Hal ini salah satunya dilakukan dengan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Kamis (28/3/2019).

Dalam simulasi yang digelar di Desa Parasi Kecamatan Palangga Selatan (Palsel), melibatkan 100 orang, dalam berbagi peran seperti sebagai pemilih, petugas dan pengawas.

Komisioner KPU Divisi Teknis Asriani menuturkan, simulasi ini dilakukan sebagai upaya untuk mematangkan petugas dalam melaksanakan rekapitulasi nantinya.

“Tujuannya untuk mengukur kualitas penyelenggara usai menjalani bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan penghitungan suara ,” kata Asriani.

Baca Juga :

Dengan simulasi ini, kata Asriani, pihaknya menghitung rata rata berapa waktu pemilih yang dihabiskan dalam melakukan pencoblosan, dan kemudian kemungkinan yang dapat menjadi kendala pada hari H nantinya.

“Tiap pemilih, kita hitung berapa rata-rata waktu yang dihabiskan pemilih dalam bilik saat melakukan pencoblosan, baik itu pemilih wanita hamil, distabilitas dan lain lain,” tambahnya.

Untuk 100 orang pemilih yang dilibatkan, diambil sebagai sampel dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 90 Orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 5 Orang, dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) 5 Orang.

“Jadi dari 100 Orang sudah dibagi 90 masuk kategori DPT, kemudian DPTb 5 Orang ,dan DPK 5 orang,” Tutupnya. (A)


You cannot copy content of this page