KPU Kota Kendari Sosialisasi Pemilu dan Pilkada di SMAN 6 Kendari

NEWS195 dibaca

KENDARI-MEDIAKENDARI.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mensosialisasikan jadwal dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bagi pelajar.

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Kendari yang dilaksanakan pada Rabu 16 November 2022.

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh mengatakan, agenda sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan lanjutan agenda serupa yang telah dilaksanakan ke sejumlah SMA dan SMK.

“Jadi, ini sekolah terakhir yang akan kami datangi untuk memberikan sosialisasi ke siswanya di SMKN 6 Kendari,” kata Jumwal Shaleh saat dikonfirmasi usai sosialisasi.

Menurutnya, sosialisasi ini penting dilakukan sebagai persiapan bagi siswa, karena para berstatus sebagai pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi mereka (para siswa) harus dipahamkan menyangkut Pemilu, tata cara menjadi pemilih dan termasuk pada saat hari pemilihan,” ucap Jumwal.

Jumwal menuturkan, sosialisasi ini menekankan pada lima materi, diantaranya syarat atau prosesdur memilih, hari pencoblosan dan macam jenis Pemilu seperti Pilcaleg atau Pilkada.

Selanjutnya, para siswa juga diberikan pemahaman tentang lima jenis surat suara yang akan dicoblos pada masing-masing agenda Pilpres, Pilcaleg, dan Pilkada.

“Kami memag berkewajiban mengajarkan siswa bagaimana menjadi pemilih yang cerdas, artinya mereka menggunakan hak pilih sesuai hati Nurani bukan politik uang,” pungkasnya.