oleh

KPU: Kotak Suara Kardus Bukan Hal Baru di Mubar

Reporter : Erwino
Editor : Kang Upi

LAWORO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat (Mubar) menegaskan jika penggunaan kotak suara berbahan kartun kedap air dalam Pemilu 2019 tetap efektif. Sebab, bahan serupa dalam pesta demokrasi bukan kali pertama akan digunakan.

Ketua KPUD Mubar, Awaluddin Usa menjelaskan, untuk Kotak Suara berbahan kardus ini telah digunakan beberapa kali saat pemilihan Bupati lalu dan pemilihan Gubernur Sultra belum lama ini.

Olehnya itu, dia meyakini, meski di daerah lain hal ini menjadi polemik namun di Mubar hal ini bukan suatu masalah dan kendala.

“Kita di Mubar bukan lagi hal baru kalau Pemilu menggunakan kotak suara kardus, karena sudah dua kali pemilihan (Pilbup dan Pilgub) kita gunakan kotak suara yang sama bahannya dari kartun kedap air,” tegas Awaluddin Usa saat ditemui mediakendari.com, Selasa (15/1/2019).

Dengan pengalaman kontestasi sebelumnya, Ia meyakini jika kotak suara berbahan kardus itu telah terbukti efisien dan efektif. Dan tidak ada kendala yang timbul sejak beberapa kali digunakan di Pemilu sebelumnya.

Tak hanya itu, menurut Dia, ketahanannya pun juga telah teruji, hanya saja perlu diberi perawatan intensif agar kotak suara itu terlindungi dari hewan pengrusak dan sebagainya.

“Tetap ada perlakuan khusus, sejak tibanya sampai sekarang terus diberi semprotan anti rayap agar tetap terlindungi,” tutup Awal. (A)

Terkini