oleh

Kunjungi Lasalimu Selatan, Tim Wasev Mabes TNI Evaluasi TMMD 2021

 

Penulis : Ardilan

BUTON – Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Masev) Mabes TNI AD mengunjung Kabupaten Buton tepatnya di Kecamatan Lasalimu Selatan. Kedatangan rombongan TNI yang dipimpin jenderal bintang dua itu untuk mengecek progres TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021.

Ketua Tim Wasev Mabes TNI AD, Mayjen TNI Marga Taufik mengatakan kedatangan dirinya untuk melihat langsung pekerjaan TMMD tahun ini yang nantinya akan menjadi evaluasi bagi pihak Mabes TNI AD.

“TMMD adalah kegiatan pengabdian TNI kepada masyarakat dalam rangka membantu pembangunan daerah yang masih butuh percepatan pembangunan. Selaku tim pengawas, saya dikirim bapak KASAD (Jenderal TNI Andika Perkasa) untuk melaksanakan pengawasan dan sekaligus bahan evaluasi kita,” kata Mayjen TNI Marga Taufik kepada sejumlah wartawan, Selasa 16 Maret 2021.

Ia berharap pelaksanaan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien. Ia juga tak lupa mengapresiasi semua pihak yang sudah terlibat dalam pelaksanaan TMMD tahun ini.

“Atas nama kepala staf angkatan darat kami ucapkan terima kasih dan penghargaan. Hasil TMMD dipelihara sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan mengatakan saat ini pihaknya mengerjakan sasaran fisik dan non fisik sebanyak 13 program.

Ia menjelaskan untuk program fisik, di Desa Sangia Arano pihaknya membangun masjid ukuran 14 X 13 meter, membanguan drainase, lebar 1,10 meter X panjang 200 meter, membuat pematangan sarana publik, panjang 168 X 60 meter dan renovasi jembatan, 2 X 22 meter.

Sedangkan di Desa Mulya Jaya, lanjut Arif Kurniawan, pihaknya membangun pagar masjid sepanjang 80 meter. Pasang paving blok halaman masjid seluas 160 meter persegi. Membangun 3 unit MCK ukuran 2 X 1,5 meter. Sementara di Desa Harapan Jaya, para prajurit TNI membangun empat unit MCK, ukuran 2 X 1,5 meter.

“Kalau program non fisik kami menggelar berbagai penyuluhan. Mulai dari panyuluhan medsos, bahaya ISIS, kesehatan, pertanian, narkoba, wasbag, stanting, posyandu dan posbindu PTM,” bebernya.

Ditempat sama, Bupati Buton, La Bakry menambahkan mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Buton dan masyarakat dirinya mengapresiasi jajaran TNI yang telah bersedia membantu pihaknya dalam mengembangkan wilayah Kecamatan Lasalimu Selatan.

“Bisa membantu pemerintah daerah dan masyarakat, kita ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI. Kesempatan ini (TMMD), bentuk kerja sama yang luar biasa antara TNI dan masyarakat. Kehadiran TNI benar-benar dirasakan ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Terkini